Penjaskesrek

Blog ini Berisi Informasi Seputar Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan yang Cocok untuk Semua Kalangan.

Peraturan Perlombaan Loncat Indah

Dalam pembagian olahraga air kita mengenal banyak sekali jenis-jenis olahraga, sebut saja polo air, renang, dan loncat indah. Pada loncat indah diutamakan keluwesan dan koordinasi gerakan pada saat di udadar yaitu antara waktu sesaat setelah melompat dan sampai sikap saat memasuki air. 

Nomor loncat indah adalah nomor renang yang memiliki kesulitan paling tinggi bila dibandingkan dengan nomor renang lainnya. Loncat indah merupakan perpaduan antara olahraga renang dengan olahraga senam sehingga gerakannya memerlukan fleksibilitas otot yang lebih baik, di samping itu juga memerlukan keberanian yang tinggi. Lantas seperti apasih peraturan perlombaan loncat indah itu ? nah untuk mendapatkan jawaban dari pertanyaan tersebut, maka sobat telah menemukan artikel yang tepat, hehe.

Loncat Indah

Peraturan Perlombaan Loncat Indah

Dalam perlombaan loncat indah pada olimpiade, kejuaraan dunia, regional games dan semua perlombaan internasional, nasional terdiri dari. menara dan papan loncat.

Umum

Apabila anda menjadi ketua perlomban dan khusus loncat indah, maka anda harus memahami peraturan umum secara baik seperti berikut ini:

  1. Memberikan kesempatan warming up kepada semua peserta perlombaan baik untuk menara maupun papan loncat, dan harus sudah selesai 15 menit sebelum perlombaan.
  2. Anda harus melaksankan undian 15 menit sebelum perlombaan dimulai. Tujuannya adalah untuk menentukan urutan peloncat.
  3. Anda harus menempatkan setiap peloncat pada kursi yang telah disediakan.
  4. Setelah suatu nomor loncatan selesai, anda harus menugaskan kepada stewards untuk mengantar para peloncat ke tribune. Dan  para juara diantar ke tempat persiapan Upacara Penyerahan Piala (UPP).
  5. Pada waktu UPP akan berlangsung. Anda menjelaskan kepada para perenang, bahwa pakaian upacara terdiri dari training spark.

Khusus

Jenis Loncatan yang diperlombakan:
  1. Ke depan.
  2. Ke belakang.
  3. Kontra.
  4. Ke dalam.
  5. Sekrup.
  6. Handstand.
Sedangkan jenis loncatannya terdiri dari:
  1. Lurus.
  2. Sudut.
  3. Jongkok.
  4. Bebas.
Nilai yang diberikan oleh para juri adalah:
  1. Baik Sekali.
  2. Baik.
  3. Cukup.
  4. Kurang.
  5. Gagal.
Untuk papan 1 m tidak diikuti oleh 12 peserta. Untuk papan 3 m dan menara 10 m final diikuti oleh 12 peserta.

Untuk papan 3 m dan menara 10 m dilombakan loncatan berpasangan. Untuk perlombaan Olympic Games dan World Championship terdiri dari:
  • Papan 3 m untuk wanita.
  • Papan 3 m untuk pria.
  • Menara 10 m untuk wanita.
  • Menara 10 m untuk pria.
Juri terdiri dari 7 orang atau 5 orang. Bentuk penilaian untuk seorang peserta:

Juri 1=10, juri 2=9, juri 3=8, juri 4=7, juri 5=6, juri 6=5, dan juri 7=4. Maka hasil akhir= 9+8+7+6+5=35x20 (faktor kesulitan)= 70. 

Penjelasan: 1 nilai tertinggi dan 1 nilai terendah harus dicoret, yang dihitung hanya 5 juri dikalikan faktor kesulitan (setiap loncatan faktor kesulitannya berbeda).

Apabila pesertanya banyak selalu diadakan babak penyisihan pada pagi hari dan sore harinya final, untuk melaksanakan perlombaan loncat indah ditunjuk panitian perlombaan yang terdiri atas:

1. Ketua

Apabila anda ditunjuk sebagai ketua perlombaan loncat indah maka harus memimpin dan menugaskan petugas yang terlibat dalam perlombaan, serta memeriksa sarana dan prasarana yang akan dipergunakan untuk perlombaan. Apakah sudah siap dan layak untuk dipergunakan sesuai dengan persyaratan peraturan perlombaan.

2. Wasit

Ketua perlombaan menunjuk seorang wasit yang sudah berpengalaman dalam memimpin perlombaan baik menara maupun papan loncat, tugasnya adalah sebagai berikut:
  1. Memberi kesempatan warming up kepada semua peserta perlombaan loncat indah menara dan papan loncat sebelum perlombaan dimulai.
  2. Memberi kesempatan warming up kepda setiap peserta perlombaan menara/papan loncat sebelum perlombaan dimulai.
  3. Pada setiap peserta yang mendapatkan giliran meloncat, diperbolehkan mencoba papan pantul dulu.
  4. Apabila peserta sudah siap, wasit segera memberikan aba-aba bunyi peluit, tanda loncatan dimulai.
  5. Wasit membunyikan peluit kembali setelah peserta loncat indah muncul di perukaan air, sebagai tanda bagi juri untuk menilai loncatannya.
Apabila loncatannya tidak sesuai dengan nomor loncatan, wasit berhak mengambil keputusan mendiskualifikasi nomor loncatan tersebut.

3. Juri-juri

Jumlah juri terdiri dari 7 orang dan boleh berkurang menjadi 5 orang. Kedudukannya di dekat wasit 4 orang dan di seberang kolam 3 orang, juri-juri biasanya merupakan wakil dari tiap negara yang ikut dalam perlombaan loncat indah. Untuk perlombaan tingkat nasional uri terdiri dari perwakilan kontingen yang ditunjuk oleh ketua perlombaan, apabila tidak ada perwakilan yang biasa menjadi juri maka panitian sudah mempersiapkan petugas sebagai juri dalam perlombaan loncat indah.

4. Tugas Juri-juri

  • Memberikan angka-angka penilaian mulai dari 0-10 kepada setiap peserta untuk nomor yang diperlombakan dengan cara mengangkat tinggi-tinggi pada bat yang sudah disediakan dan diperlihatkan pada peserta, penonton dan panitia meja.
  • Penilaian juri-juri terhadap setiap peloncat:
    • Awalan.
    • Sikap di udara dan ketinggian loncatan.
    • Sikap masuk ke dalam air dan jauh dekatnya dengan ujung papan loncat.

5. Petugas Meja

  1. Petugas meja akan mencatat setiap angka yang diberikan oleh ketujuh juri.
  2. Petugas meja akan mencoret satu angka tertinggi dan satu angka terendah sehingga tinggal 5 angka.
  3. Petugas meja akan menjumlahkan lima angka tersebut dan menggandakan dengan faktor kesulitan dari setiap nomor loncatan.
  4. Petugas meja akan menjumlahkan angka yang diperoleh oleh setiap peloncat dari seluruh nomor perlombaan dan akan menyusun aturan pemenang.

6. Petugas Scoring Board

  1. Petugas ni akan mengumumkan secara otomatis angka-angka yang diperoleh setiap peserta pada setiap loncatan dan hasil yang sudah dijumlahkan dan sudah digandakan dengan faktor kesulitan.
  2. Petugas scoring board akan mengumumkan urutan rangking hasil perlombaan loncat indah untuk menara maupun untuk papan loncat.
Itulah peraturan perlombaan loncat indah, mudah-mudahan memberikan tambahan pengetahuan bagi teman-teman pecinta renang secara khusus dan olahraga secara umum. Mohon dikoreksi jika ada kekeliruan. Terima kasih

Peraturan Perlombaan Loncat Indah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ikbal H

0 komentar:

Post a Comment