Penjaskesrek

Blog ini Berisi Informasi Seputar Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan yang Cocok untuk Semua Kalangan.

Sarana dan Prasarana Bola Voli Lengkap

Permainan bola voli dewasa ini menjadi salah satu olahraga yang disukai oleh masyarakat indonesia, karena memang olahraga ini tidak membutuhkan tempat yang luas sebagaimana sepakbola. Jika kita bandingkan dengan olahraga lainnya, bola voli ini tergolong olahraga yang cukup mudah, anda hanya harus memainkan bola sebelum jatuh ke lantai dan diusahakan bola itu melewati atas jaring ke arah lapangan lawan dengan maksud lawan tidak bisa mengembalikan. Bola voli bahkan sudah masuk dalam materi pelajaran di sekolah-sekolah mulai dari tingkat SD,SMP bahkan SMA. Hal ini tentu saja tidak terlepas dari kepopuleran olahraga yang menggunakan bola besar ini.


Bola voli merupakan salah satu permainan yang menggunakan bola besar yang dimainkan oleh dua tim yang saling berhadapan, satu tim terdiri dari 6 orang, jadi total pemain di lapangan ada 12 orang dari dua tim. Permainan yang ditemukan pertama kali oleh William G. Morgan pada tahun 1895 adalah hasil dari penggabungan beberapa olahraga, sebut saja tenis, bola basket dan baseball. 

Sebagaimana cabang olahraga lainnya, permainan bola voli juga membutuhkan sarana dan prasana yang harus dipenuhi jika ingin bermain bola voli dengan baik, sarana dan prasarana apa saja yang dibutuhkan?

Tapi sebelum masuk dalam pembahasan inti, ada baiknya kalau kita tahu pengertian dari sarana dan prasarana itu sendiri ? karena jangan sampai kita tahu mengucapkan kata tersebut namun masih bingung jika ditanya lebih lanjut mengenai pengertiannya? Kan gak lucu toh, hehehe

Secara sederhana prasarana dapat diartikan sebagai segala sesuatu yang menjadi penunjang yang paling utama bagi terselenggaranya sebuah proses, kegiatan, ataupun hal lainnya. Untuk cirinya sendiri prasarana memiliki sifat yang permanen dalam artia kata tidak bisa dipindah-pindah kan. Contohnya seperti lapangan, gedung olahraga, stadion dan lain-lain.

Sedangkan untuk sarana sendiri dapat diartikan sebagai fasilitas yang dapat dipindah-pindahkan untuk mendukung sebuah kegiatan, sebut saja bola, raket, net dll.

Sarana dan Prasarana Bola Voli

1. Lapangan Bola Voli

Lapangan merupakan bagian dari prasarana yang harus ada jika ingin bermain bola voli, tidak ada lapangan secara otomatis tidak bisa bermain voli dengan bebas. Untuk ukuran lapangan permainan bola voli sendiri itu bebentuk persegi panjang dengan ukuran sebagai berikut: 
  1. Panjang lapangan: 18 meter.
  2. Lebar lapangan: 9 meter
  3. Garis serang belakang: 3 meter
2. Net/Jaring

Net sebagaimana telah kita jelaskan diatas termasuk sarana dari permainan bola voli. Net ini terletak dibagian tengah lapangan yang memisahkan dua tim yang bertanding. Untuk bahanyya sendiri net ini terbuat dari tali yang kuat. Net ini diletakkan di tengah lapangan yang diikatkan pada tiang dengan ketinggian tertentu yang dibedakan antara putra dan putrinya. Untuk putra tinggi netnya adalah 2,44 meter dan untuk putri 2,24 meter.
3. Bola Voli

Bola merupakan salah satu sarana yang paling penting, karena ini merupakan alat yang dimainkan oleh kedua tim. Bola ini dilemparkan oleh satu tim ke tim yang menjadi lawannya. Spesifikasi dari bola voli ini juga telah ditentukan oleh standar nasional. Keliling bola voli adalah 65-67 cm dengan berat bola harus 260-280 gram. Sedangkan untuk tekanan angin dalam bola voli tersebut adalah 0,30-0,325 kg/cm2. Semua hal tersebut telah ditentukan dan jangan sampai kurang dan lebih karena akan mengganggu jalannya permainan.

4. Sepatu Khusus Bola Voli

Untuk sepatu sendiri memang bukanlah sesuatu yang wajib jika hanya ingin bermain bola voli sebagai permainn biasa (tidak dala rangka kompetisi). Namun saya sarankan jika bermain untuk menggunakan sepatu agar kaki terlindungi dari hal-hal yang tidak diinginkan. Sepatu juga bisa memaksimalkan kemampuan lompatan seseorang sehingga lebih baik saat bermain voli. Pemilihan sepatu juga harus diteliti dengan baik, jangan sampai terlalu longgar atau sebaliknya karena justru akan melukai kaki anda dan menjadikan anda kurang nyaman saat bermain.

5. Pelindung Sendi

Untuk dekker (pelindung sendi) ini biasanya digunakan oleh atlet-atlet profesional dengan tujuan untuk melindungi bagian tubuh tertentu terutama bagian siku dan lutut dari benturan-benturan dengan lantai. Karena tidak menutup kemungkinan saat bermain anda akan melompat ke depan untuk menyambut bola yang mengharuskan anda sambil menjatuhkan diri.

6. Papan Skor

Papan skor ini juga harus anda dalam sebuah pertandingan resmi untuk memberikan kemudahan bagi petugas terkait dalam mencatat poin yang telah dikumpulkan oleh kedua tim yang bertanding. Untuk permainan biasa atau yag sering kita lihat dikampung papan skor tidaklah terlaly dibutuhkan.

7. Kaos kaki

Kaos kaki kami rasa cukup penting untuk dimasukkan sebagai penunjang karena fungsinya yang sangat penting juga untuk melindungi kaki dari gesekan dengan sepatu. Pilihlah kaos kaki yang pas dengan kaki dan sepatu anda, jangan terlalu sempit atau sebaliknya.

8. Kaos tim (seragam)

Seragam juga harus anda miliki jika ingin mengikuti sebuah pertandingan dengan ketentuan kaos yang digunakan dilengkapi dengan nomor punggung yang berbeda setiap pemainnya. Sebaiknya anda memiliki seragam tim yang nyaman serta dapat menyerap keringat dengan baik agar supaya pemain dengan lebih leluasa dapat menggerakkan setiap anggota tubuhnya. Dalam satu tim terdapat satu pemain yang memiliki warna baju yang berbeda dari rekan setimnya, pemain ini disebut dengan libero.

9. Peralatan P3K

Peralatan P3K adalah penunjang yang mesti anda sediakan, peralatan ini berguna sebagai langkah antisipatif agar supaya saat ada pemain yang membutuhkan pertolongan alat P3K ini dapat dipergunakan. Meskipun sebenarnya boli voli bukanlah olahraga yang membenturkan fisik namun dalam sebuah pertandingan segala hanya dapat terjadi.

10. Antena Road

Teman-teman pasti saat melihat sebuah pertandingan baik secara langsung maupun melalui media televisi seringkli melihat sebuah antena yang terletak di samping net. Antena ini berfungsi sebagai pembatas bermain dan sekaligus mengikt tali. Antena ini terbuat dari fiber glass.

Nah itulah sedikit informasi mengenai saran dan prasaran bola voli, semoga bermanfaat bagi teman-teman sekalian, mohon maaf atas segala kekeliruan. Semoga bermanfaat dan salam olahraga.

Sarana dan Prasarana Bola Voli Lengkap Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ikbal H

0 komentar:

Post a Comment