Penjaskesrek

Blog ini Berisi Informasi Seputar Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan yang Cocok untuk Semua Kalangan.

Teknik Pukulan Dropshot Dalam Bulutangkis

Permainan bulutangkis sangat diminati oleh anak-anak di Indonesia, hanya kalah mungkin dari permainan sepakbola. Hal ini terlihat dari pembinaan bulutangkis yang sangat baik sehingga hampir tiap generasi kita memiliki atlet bulutangkis berprestasi, baik ditingkat nasional maupun internasional. Teknik dasar dalam permainan bulutangkis memang cukup banyak yang harus dikuasai, salah satunya adalah pukulan dropshot, pukulan ini merupakan pukulan yang sangat mematikan, karena bisa memberikan tipuan bagi lawan. Selain itu mengkombinasikan pukulan ini dengan pukulan lainnya akan memudahkan anda memenangkan pertandingan karena bisa menguras stamina lawan.

Dropshot Bulutangkis

Lantas apakah yang dimaksud dengan pukulan dropshot itu ? bagaimana cara melakukan pukulan dropshot yang baik?. Dropshot merupakan salah satu dalam bultangkis yang sangat populer, pukulan ini dilakukan  agar shuttlecock yang kita pukul berada sedekat mungkin dengan net pada daerah permainan lawan, tujuannya sederhana untuk mematikan (menipu) lawan.

Dropshot memerlukan lebih banyak keterampilan kelentukan. Pukulan drop dalam permainan net harus diusahakan agar shuttlecock jatuh tajam ke bawah. Maka pukulan dilakukan pada saat shuttlecock sedang pada puncak ketinggiannya dan jangan dinantikan sampai shuttlecock menurun di bawah.

Dropshot dapat dilakukan baik dari atas maupun dari bawah.

Dropshot Dari Atas

Cara memukul dropshot dari atas hampir sama dengan pukulan smash. Perbedaan antar keduanya hanyalah pada detik-detik menjelang anda melakukan penyelesaian akhir, yaitu memukul pada saat shuttlecock mengenal raket anda.

Pada pukulan dropshot dari atas shuttlecock tidak dipukul keras-keras atau dengan sekuat tenaga, tetapi gerakan tangan tiba-tiba ditahan, sampai seolah-olah berhenti sekejap kemudian doronglah atau sentuhlah shuttlecock, sedikit saja, supaya jatuh sedekat mungkin dengan net di lapangan lawan. Karena pelaksanaan pukulan drop dari atas hampir sama dengan smash atau lob dari atas maka sampai detik terakhir lawan hanya dapat menduga-duga pukulan apa sebenarnya yang akan anda lakukan (lob, smash atau dropshot) sehinga lawan terlambat mengetahui secara pasti gerakan pukulan anda yang sebenarnya. Seperti pukulan smash juga, drop dari atas ada dua macam, yaitu drop penuh dan drop potong.

1. Drop Penuh

Drop penuh banyak digunakan dalam permainan tunggal, terutama apabila lawan sudah tampak letih. Pukullah shuttlecock dari tempat setinggi-tingginya, agar shuttlecock dapat dapat menukik lebih tajam dan menyebabkan lawan lebih sukar mengembalikannya. Tetapi, jangan terbiasa mengembalikan lob mendalam dari lawan dengan drop penuh dari atas. Sebab, terbang shuttlecock yang melambat dari jarak jauh mudah dicegat dan dimatikan lawan. Dalam permainan ganda drop penuh dapat pula membahayakan kedudukan lawan. Kalau anda tepat cara melakukannya sehingga lawan tidak menduga-duga maka pengembalian shuttlecock (kalau masih dapat dikembalikan) pasti lemah karena harus mengangkat shuttlecock yang sudah hampir jatuh di lantai. Dan shuttlecock itu biasanya melambung di depan net hingga mudah sekali anda atau pasangan anda untuk menyambarnya dan berakhir pada peroleh poin.

2. Drop Potong

Dari gerak persiapan sampai shuttlecock menyentuh raket cara memukul drop potong hampir sama dengan cara memukul drop penuh. Hanya bedanya pada saat menjelang shuttlecock tersentuh raket tak ada gerak tertahan, seperti pada saat melakukan drop penuh. Atau katakanlah gerak pukulan drop potong sama dengan gerakan smash potong kekuatan yang jauh berkurang. Sehingga laju terbang shuttlecock pun jauh lebih lambat, tetapi lebih cepat dan shuttlecock jatuh agak lebih jauh melampaui net dari pada pukulan drop penuh.

Drop potong dari atas tepat pula dilakukan dalam permainan tunggal, yaitu untuk mengembalikan lob mendalam dari lawan. Sebab, meskipun jatuhnya shuttlecock agak jauh pada net di lapangan lawan, hindari dari sambaran di depan net. Ketika shuttlecock di depan net, paling tepat anda pukul dengan drop potong dari atas, shuttlecock yang terpukul dengan tebasan akan bergerak atau terbang dengan memutar sehingga lawan sulit mengembalikannya dengan tepat.

Drop Dari Bawah

Lawan pasti berusaha agar shuttlecock di depan net dapat anda ambil dari atas. Bahkan ia pasti menginginkan shuttlecocknya tak dapat anda jangkau, sedangkan anda sendiri pada saat tak ada kesempatan lagi mengambil shuttlecock lawan di depan net itu dari atas, pasti saja tak boleh berputus asa membiarkan shuttlecock itu jatuh di lapangan anda. Shuttlecock yang meluncur tajam di dekat net dan nyaris jatuh ke lantai itu, masih dapat anda usahakan mengembalikannya dari bawah. Ambillah shuttlecock tersebut dari bawah dengan lob tinggi dan dalam jauh ke belakang lapangan lawan atau dengan drop dari bawah. Hanya pada detik akhir, shuttlecock tidak dipukul sekuat tenaga, melainkan dilambungkan pelan nyaris menyentuh net dan jatuh di lapangan secara pelan. Pukulan drop dari bawah ini terutama juga mengandalkan keterampilan gerak pergelangan tangan dan keseimbangan badan yang terjaga.

Drop dari bawah tepat digunakan pada permainan net. Drop dari bawah digunakan pada saat melawan berada di bagian belakang lapangan atau pada saat lawan menduga bahwa anda kan mengambil shuttlecock di depan itu dari bawah dengan lob tinggi dan dalam sehingga ia cepat-cepat lari mundur ke belakang. Pada saat itulah anda mendrop shuttlecock dari bawah sehingga ia terkecoh dan tak dapat mengejar shuttlecock.

Itulah sedikit informasi mengani teknik dropshot dalam bulutangkis, mudah-mudahan bisa memberikan manfaat bagi teman-teman yang ingin menggeluti ataupun ingin menjadi pemain bulutangkis yang hebat, terima kasih.

Teknik Pukulan Dropshot Dalam Bulutangkis Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ikbal H

0 komentar:

Post a Comment