Penjaskesrek

Blog ini Berisi Informasi Seputar Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan yang Cocok untuk Semua Kalangan.

7+ Sarana dan Prasarana Bola Basket


Bola basket merupakan salah satu olahraga yang cukup populer di Indonesia, olahraga yang menggunakan tangan ini cukup populer terutama di kalangan masyarakat perkotaan. Untuk memainkan olahraga ini cukup sederhana, anda hanya harus memasukkan bola ke dalam tempat yang mirip dengan keranjang yang berada  di ujung lapangan. 

Olahraga basket seringkali dimainkan dalam ruangan yang tertutup (indoor), karena memang olahraga ini ditemukan oleh James Naismith pada saat musim dingin, sehingga untuk mengakali cuaca yang dingin, maka dipilihlah ruangan yang tertutup.

Sebagaimana dengan olahraga yang lainnya, untuk bermain bola basket tentu saja dibutuhkan sarana dan prasarana yang baik dan sesuai. Apa saja sih sarana dan prasaran yang dibutuhkan itu? berikut jawabannya. Cekidottt

Sarana dan Prasarana Bola Basket

1. Lapangan

Lapangan merupakan sarana yang harus ada jika ingin melakukan olahraga, begitupun dengan bola basket. Lapangan bola basket sendiri hampir sama dengan lapangan futsal, yaitu berbentu persegi panjang. Lapangan ini biasanya terbuat dari bahan beton ataupun aspal, namun untuk skala kompetisi nasional dan internasional maka lapangan biasanya terbuat dari kayu yang sangat halus permukaannya. 

Lapangan Bola Basket

Untuk ukurannya sendiri, dibagi menjadi dua. National Basket Assosiation menentukan panjang lapangan adalah 28,5 meter sedangkan lebarnya 15 meter. Dan untuk standar Federasi Bola Bakset Internasional menetapkan panjang lapangan bola basket adalah 26 meter dan lebar 15 meter. Oleh karenanya setiap kejuaraan basket internasional maka yang digunakan adalah standar yang ditetapkan oleh Federasi Bola Basket Internasional. 

2. Ring Basket

Ring Basket

Ring basket terbuat dari besi dan anyaman tali nylon yang kuat. Dahulu saat bola basket pertama kali ditemukan digunakan kotak buah sebagai tempat melemparkan bola basket, namun seiring dengan berjalannya waktu semakin canggih pula alat yang digunakan. 
Ring basket memiliki spesifikasi sebagai berikut:
  1. Garis tengah ring: 45 cm
  2. Jarak ring dari tanah: 3,5 meter
  3. Panjang jali dari besi: 45 cm.

3. Bola Basket

Bola basket merupakan prasarana yang harus dimiliki jika ingin bermain, tidak ada bola yang mending tidur saja, hehe. Bola basket memiliki ukuran yang sedikit lebih besar jika dibandingkan dengan bola voli ataupun sepak bola. Bola basket terbuat dari bahan karet sehingga bisa menghasilkan pantulan yang baik. 

Bola basket biasanya memiliki berbagai macam ukuran juga, ada yang kecil dan juga besar, namun standar bola yang telah ditentukan adalah memiliki keliling 75-78 cm dengan berat bola mencapai 600-650 gram. 
Bola yang baik dan memenuhi standar adalah apabila dijatuhkan dari ketinggian 180 m maka akan memantul setinggi 120-140 m, standar inilah yang harus dipenuhi jika ingin mengadakan pertandingan basket resmi.

4. Papan Pantul

Papan pantul berfungsi sebagai tempat memantulkan bola sebelum masuk ke dalam ring (teknik memantulkan bola), papan ini harus keras agar supaya tidak mudah rusak saat terkena pantulan bola. Untuk standar pertandingan sendiri digunakan papan pantul yang terbuat dari bahan kaca ataupun sejenisnya sehingga tidak menghalangi pandangan penonton yang duduk di belakang ring.

Papan yang dipakai berbentuk persegi panjang dengan ukuran sebagai berikut:
  1. Tinggi papan dari lantai adalah: 2,75 meter
  2. Tebal papan adalah: 0,003 meter
  3. Panjang papan adalah: 1,20 meter
  4. Lebar papan adalah: 0,90 meter

Papan yang berada dibelakang ring juga terdapat garis bingkai kotak dengan ukuran 0,59x0,45 cm. 

5. Tiang Penyangga

Tiang penyangga ini adalah tempat dimana ring dan papan pantul ini dipasanga, terbuat dari bahan keras dan kuat seperti besi, dalam pertandingan bola basket resmi, tiang ini dilengkapi semacam matras untuk melindungi pemain dari benturan dengan tiang baik saat berduel maupun berlari.

Tinggi tiang penyangga basket adalah 3,3 meter.

6. Papan Skor

Papan skor mesti ada dalam pertandingan resmi, papan ini akan memberikan informasi mengenai jumlah skor dan juga waktu pertandingan. 

7. Seragam tim

Seragam tim dalam bola basket dilengkapi dengan nomor punggung yang berbeda setiap pemainnya, baju bola basket tergolong unik karena tidak mempunyai lengan, hal ini agar memudahkan pemain melakukan tembakan ke ring. selain itu pemain basket yang baik juga akan menggunakan sepatu khusus basket dan juga kaos kaki.

Itulah informasi mengenai Sarana dan Prasana bola basket, semoga bisa bermanfaat bagi teman-teman. Terima kasih

7+ Sarana dan Prasarana Bola Basket Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ikbal H

0 komentar:

Post a Comment