Penjaskesrek

Blog ini Berisi Informasi Seputar Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan yang Cocok untuk Semua Kalangan.

Gerakan Senam Ritmik/Irama dengan Bola

Dalam senam irama dikenal beberapa alat yang bisa digunakan, sebut saja bola, tali, dan simpai. Semua peralatan tersebut dalam penggunaannya tentu saja berbeda. Setiap peralatn memiliki keunikannya tersendiri antara satu dengan yang lainnya. Kali ini kami akan fokus membahas mengenai gerakan-gerakan yang biasa dipakai dalam senam ritmik dengan bola. Silahkan disimak baik-baik. hehe

Ritmik dengan Bola

Ukuran dan Petunjuk Memainkan Bola

Bola hendaknya dapat selalu diam pada telapak tangan walaupun tidak dicengkeram dengan jari. Dengan demikian, ukuran bola untuk senam ritmik ini adalah bola ukuran sedang, seukuran bola tangan atau bola voli. Bola plastik sebenarnya bia juga digunakan. Kelemahannya karena ia tidak bisa dipantulkan.
Ketika melambungkan bola, tenaga harus datang dari bahu dengan lengan lurus dan gerakan hendaknya mulai dari kaki ke seluruh tubuh dengan enjotan yang rileks. Bila menangkap bola, jemputlah dengan ujung jari-jari dan biarkan menggelundung turun ke telapak tangan, dan lagi seluruh tubuh mengikuti gerakan menangkap.

Untuk gerakan mengayun dan menggeluncungkan bola, bola diraih dalam pergelangan tangan, bola berada diantara telapak tangan dan lengan bawah.

Untuk beberapa gerakan bola dipegang dalam dua tangan dengan telapak tangan dalam berbagai sikap.
Letihan akan lebih mudah dan menyenangkan dilakukan dengan musik. Irama Waltz (6/8) adalah irama yang terbaik untuk melakukan gerakan mengayun yang lembut, tetapi juga musik itu jangan terlalu lambat sebab akan kurang hidup dan kurang menyenangkan. Postur tubuh hendaknya diperhatikan benar-benar, tegak dan ekspresif.

Semua gerakan dapat dilakukan pada arah lain. Bila disini dilukiskan gerakan dilakukan pada satu arah, anda dapat pula melakukannya ke arah yang lain, kiri atau kanan.

Gerakan Bola

Gerakan dasar pada latihan bola dibagi sebagai berikut:

  1. Mengayun- bola tetap berada di tangan.
  2. Menggelundung- bola menggelundung di lantai atau di badan.
  3. Memantul- bola dipantulkan dalam berbagai cara.
  4. Melambung- bola dilambungkan dengan satu atau dua tangan ke udara dan ke berbagai arah.

1. Gerakan mengayun

a. Ayunan depan

Berdiri, bola dalam pegangan pergelangan tangan sebelah kanan, di samping badan. Ayunkan lengan kanan ke depan setinggi bahu, pindahkan bola ke tangan kiri dan ayun kembali ke belakang. Ulangi ayunan ke muka dan ke belakang.

b. Ayunan Datar Memotong Badan

Berdiri dengan kaki sedikit terbuka, bola di tangan kanan dengan pegangan pergelangan dan lengan di samping. Ayun tangan kanan memotong badan ke kiri, bola pindah ke tangan kiri dan ayun kembali ke kanan. Badan ikut berayun ke kiri dan ke kanan bersama.

c. Melingkar ke depan

Berdiri dengan lengan di samping badan, bola dalam pergelangan tangan. Lingkarkan bola dengan mengayun lengan ke depan-ke atas- ke belakang dan ke depan lagi. Pindahkan bola di depan dengan tangan kiri, putar lengan kiri seperti tadi.

d. Gerakan melingkar mengelilingi badan

Bola dengan pegangan pergelangan, lengan lurus ke samping. Ayun bola ke depan memotong ke samping kiri dan pindahkan ke tangan kiri- putarkan di belakang badan dan pindahkan ke tangan kanan.

e. Membungkuk badan

Berdiri, bola dalam pegangan pergelangan tangan kanan terbuka ke samping. Ketika badan bungkuk ke depan, ke samping kiri ke belakang dan ke kanan, julurkan tangan dan membuat gerakan melingkar dengan tangan kanan pada arah yang sama. Ganti tangan dan ganti arah gerakan.

f. Menggelombang (body wave)

Berdiri, bola di pergelangan tangan kanan, lengan terbuka ke samping. Gerakan badan seperti gelombang sementara bola dibawa ke bawah dan ke belakang dan ke atas kepala. Pindahkan bola ke tangan kiri dan ulangi gerakan tadi.

g. Walts turn

Berdiri, bola dengan pegangan pergelangan tangan, lengan ke samping. Melangkah kaki kanan ke depan, bola dibawa ke bawah dan buat circle ke depan. Pada langkah waltz kedua, kaki kiri, bola berpindah ke tangan kiri dan circle ke belakang.

2. Gerakan Menggelundung

a. Gelundung ke samping

Berdiri dengan kaki terbuka lebar, bola pada pergelangan tangan kanan, lengan terbuka ke samping. Bola digelundungkan dengan halus di lantai ke sebelah kiri dan biarkan bola menggelundung ke tangan kiri, sementara itu berat badan pindah ke kiri dan badan membungkuk.

b. Gelundung huruf V

Duduk dengan kaki melunjur, bola di pergelangan tangan kanan, lengan keduanya lurus ke samping. Gelundungkan bola mengelilingi tungkai ke sebelah kiri dan pindahkan ke tangan kiri dan bola diteruskan menggelundung di belakang badan dan kembali ke tangan kanan.

c. Gelundung mengitari badan

Duduk melunjur, bola di pergelangan tangan kanan, lengan keduanya lurus ke samping. Gelundungkan bola mengelilingi tungkai ke sebelah kiri dan pindahkan ke tangan kiri dan bola diteruskan menggelundung di belakang badan dan kembali ke tangan kanan.

d. Menggelundung pada tungkai

Duduk melunjur, bola pada pergelangan kedua tangan, lengan lurus ke depan. Kedua tungkai diangkat, badan condong ke belakang. Simpan bola di ujung kaki dan biarkan menggelundung ke dadan lalu tangkap dengan kedua tangan dan bawa ke atas kepala, membungkuk ke depan dan simpan kembali bola diatas kaki.

e. Sikap tidur telungkup

Sikap telungkup, tangan datar ke samping bola di tangan kanan. Angkat dada dan bola digelundungkan dari tangan kanan ke bawah dada ke tangan kiri. Tangan tetap dapat.

f. Menggelundung pada lengan

Berdiri, kedua lengan lurus ke depan sedikit serong ke atas. Bola diatas kedua telapak tangan. Dengan sedikit gerakan telapak ke atas biarkan bola menggelundung ke arah badan. Bola akan jatuh di antara kedua lengan depan dada. Setelah bola jatuh ke lantai tangkap dengan kedua tangan pada pantulannya.

g. Menggelundung di tangan

Berdiri, kedua lengan melelngkung di depan badan, telapak tangan menghadap ke badan. Bola dipegang diantara telapak tangan kanan yang berada di sebelah luar dan punggung tangan kiri. Denagn cepat ubah posisi kedua tangan, sementara bola berguling ke dalam diantara kedua tangan. Lakukan beberapa kali dan akhiri dengan suatu lambungan ke atas.

3. Gerakan Memukul

a. Memantul dengan mengayun lengan

Berdiri, bola pada kedua telapak tangan di depan badan. Pantulkan bola di depan badan dan tangan diayun ke samping dan kembali ke depan untuk menangkap bola. Badan dan lutut mengikuti gerakan bola memantul dengan lembut.

b. Memantul dengan lutut bengkok

Berdiri, bola di telapak tangan kanan. Pantulkan bola begantian dengan tangan kanan dan kiri sementara lutut makin lama makin bengkok; kembali ke posisi berdiri sambil tetap memantul secara bergantian.

c. Memantul menyilang badan

Kaki terbuka lebar, berat badan di kaki kanan, bola berada di telapak tangan kanan yang terbuka ke samping. Dengan memindahkan berat dari tangan kanan ke kiri pantulkan bola di depan badan dan tangkap dengan tangan kiri. Tukar gerakan!

d. Memantul dan berputar

Berdiri, bola di depan badan dipegang dengan dua tangan. Pantulkan bola keras dengan tangan, segera tubuh berputar dan tangkap bola dengan dua tangan pada pantulan.

4. Gerakan Melambung

Kebanyakan gerakan melambung dapat dilakukan dengan langkah depan, belakang dan samping; atau dengan berbagai langkah tari.

a. Lambungan dua tangan

Berdiri, bola dipegang dengan dua tangan di depan badan dan di bawah. Dengan langkah depan dan di bawah. Dengan sedikit membengkokkan lutut, lambungkan bola ke atas diikuti dengan gerakan lengan dan seluruh badan ke atas, kaki jinjit.
Saat bola turun tangkap dengan ujung-ujugn jari-jari tangan, biarkan badan sedikit membungkuk mengikuti gerakan bola, kembali ke sikap semula.

b. Lambungan satu tangan

Berdiri dengan kaki kanan di depan dan ujung kaki di luruskan, berat badan berada di kaki kiri. Bola di tangan dan di sebelah kanan. Pindahkan berat ke depan sambil melambungkan bola. Sambut bola dengan ujung jari kedua tangan dan pindahkan lagi ke tangan kanan. Ulangi dengan sebelah kiri.

c. Lambungan diatas kepala

Berdiri dengan kaki terbuka, bila di telapak tangan kanan, tangan direntang. Lambungkan bola ke atas kepala dan tangkap dengan tangan kiri sementara berat badan pindah ke kaki kiri. Bila telah mahir mencoba meluruskan ujung kaki pada akhir gerakan dan menjauhkan bola ke samping.

d. Lambungan ayun depan

Berdiri dengan kaki terbuka, bola di tangan kanan, lengan terbuka ke samping. Ayun lengan kanan ke bawah ke kiri memotong badan di depan. Seraya lutut sedikit bengkok bola dilambung ke atas dan panggul liuk ke kiri. Ganti arah gerakan ke kanan. Lengan mengikuti gerakan badan berayun ke samping dengan rileks.

Nah, itulah informasi mengenai gerakan senam/irama dengan bola, semoga bisa bermanfat bagi teman-teman. Terima kasih.

Gerakan Senam Ritmik/Irama dengan Bola Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ikbal H

0 komentar:

Post a Comment