Penjaskesrek

Blog ini Berisi Informasi Seputar Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan yang Cocok untuk Semua Kalangan.

Latihan Gerakan Senam Ritmik/Irama dengan Tali atau Pita


Senam ritmik memiliki beberapa alat yang dapat digunakan untuk menambah keindahan dari gerakan-gerakan enam yang dilakukan, seperti bola, tali, maupun gada. Namun pada pembahasan kali ini, kami akan fokus pada senam ritmik dengan menggunakan tali saja, untuk alat yang lain kami akan jelaskan pada kesempatan yang lain dan diwaktu yang lain tentunya. Berikut adalah contoh gerakan-gerakan senam dengan tali yang bisa teman-teman coba. Cekidot

Latihan senam dengan tali termasuk ke dalam kategori latihan peregangan dan pengembangan daya tahan umum, di samping untuk penguatan kaki dan tungkai. Mengapa demikian, karena banyak dari latihan dengan tali ini mengarahkan anak untuk memainkannya dengan cara melakukan lompatan tali.

Senam Ritmik Tali/Pita

Bahan dan Ukuran Tali

Bahan yang biasa dipakai adalah tali dari sutra, serat manila, nylon atau bahan lain yang garis tengahnya tidak lebih dari setengah inchi. Panjang tali diukur dengan cara menyuruh orang tersebut berdiri diatas tali, kedua lengan lurus ke samping setinggi bahu sambil memegang kedua ujung tali oleh kedua tangan. Yang benar biasanya sekitar 10-12 kaki panjangnya. Panjang kaki ini penting untuk dapat diayun dari pergelangan tangan dengan teknik yang benar.

Teknik Latihan Senam Ritmik dengan Tali

a. Lompat Tali

Tali hendaknya dipegang dengan tiga jari, yaitu oleh ibu jari, telunjuk dan jari tengah, sedangkan jari manis dan kelingking menjepit sekedarnya dengan kepalan halus. Gerakan terhadap tali umumnya datang dari pergelangan tangan dengan lengan terbuka datar ke samping, siku sedikit bengkok. Ayunan pertama dari tali dimulai dari bahu kemudian gerakan pada pergelangan. Kedua kaki harus lurus di udara dengan ujung kaki juga lurus, dan gerakan harus ringan, lompatan juga tanpa suara saat mendarat. Lompatan tidak perlu tinggi, cukup agar tali dapat lewat dengan mulus di bawah kaki.

b. Ayun Tali

Ayunan dikerjakan dari bahu, siku bengkok dengan gerakan. Tali diayun dalam bidang vertikal, lateral atau horizontal. Anak-anak biasanya menyukai lompat tali dengan kaki telanjang di ruang senam atau di lapangan rumput. Bila lompat tali dilakukan di lapangan, sebaiknya mereka diminta memakai sepatu tenis. Penggunaan musik akan menambah kemampuan gerak ritmik dari tubuh. Pola lompatan harus cocok dengan irama musik, jadi musik harus dipilih benar-benar. Bahkan musik populer mungkin dapat digunakan bila iramanya bagus. Musik populer akan menarik siswa, terutama bila mereka sendiri yang membuat pola atau susunan atau rangkaian gerakannya.

Lompat Tali Perorangan

Yang dimaksud dengan lompat tali disini adalah melakukan lompatan berulang-ulang dengan mengayunkan tali berputar ke bawah kaki. Lompatannya adalah lompatan ringan dengan kaki lurus di udara. Kedua lengan horizontal ke samping dan sebagian besar putaran tali dengan gerakan pergelangan tangan. Tali tidak boleh menyentuh lantai tetapi harus sedikit diatasnya. Pada semua gerakan lompatan ke depan, posisi tali bergerak dimulai dari belakang, dan untuk lompat ke belakang, tali diletakkan di depan untuk diayun ke belakang.

1. Lompat depan dasar

Berdiri, tali di belakang badan, lengan datar ke samping. Melompatlah dengan dua kaki ketika tali berputar ke depan dan hampir menyentuh kaki.

2. Lompat belakang dasar

Berdiri, tali di depan badan, lengan datar ke samping. Lompat dengan dua kaki ketika tali berputar ke belakang dan diperkirakan akan memukul kaki jika tidak melompat.

3. Langkah hop ke depan

Berdiri, tali di belakang badan, lengan datar ke samping. Melangkah ke depan dengan kaki kanan, sedangkan tali di atas kepala, hoop diatas tali. Teruskan langkah hop. Dapat ganti kaki, atau dapat dilakukan dengan kaki terbuka ke depan.

4. Langkah hop ke belakang

Berdiri, tali di depan badan lengan mendatar. Melangkah ke belakang dengan kaki kanan saat tali di atas kepala, hop ke atas tali ketika tali dekat lantai.

5. Hop ke samping

Berdiri, tali di belakang badan, lengan mendatar. Bergerak ke sebelah kiri. Ayun tali dan hop dengan kaki kanan menyilang ke kiri, langkah ke samping dengan kaki kiri, dan lanjutkan sebaliknya.

6. Gallop ke samping (sliding)

Berdiri, tali di belakang badan, lengan mendatar ke samping. Ambil langkah gallop (gerak langkah berderap seperti kuda) ke sebelah kiri bersama tali berputar ke depan, ganti arah.

7. Lengan menyilang

Berdiri, tali di belakang badan, lengan mendatar ke samping. Mulai dengan lompatan dasar ke depan, kemudian silangkan lengan pada siku dan lanjutkan melompat dengan tangan bersilang, lalu buka tangan dan lakukan lagi lompatan dasar ke depan, lanjutkan pola diatas. Ini mungkin juga dilakukan dengan lompatan tali berayun ke belakang.

8. Langkah lari

Berdiri, tali di belakang badan, lengan datar ke samping. Dengan putaran tali yang cepat lakukan langkah leap (menolak dan mendarat dengan kaki yang berbeda), permulaan kanan kemudian kiri bergantian setengah lari. Ini dapat dilakukan di tempat atau berupa leap rendah yang cepat melintas ruangan.

9. Lompatan splits

Berdiri, tali di belakang badan, lengan ke samping. Lakukan lompatan biasa (Poin 1), dan pada lompatan ketiga lakukan split (membuka kaki, satu ke depan satu ke belakang) di udara.

10. Leap-push-leap

Berdiri, tali di belakang, lengan datar ke samping. Leap pada kaki kanan saat tali lewat di bawah kaki, tolak dengan kaki kiri di belakang kaki kanan dan hop dengan kaki kanan. Lanjutkan dengan kaki kiri.

11.Cut step

Berdiri, tali ke belakang, lengan ke samping, berat di kaki kanan. Saat tali di atas kepala, ayun kaki ke depan kaki kanan dan hop dengan kaki itu saat tali ke lantai. Hop lagi dengan kaki kiri. Ulangi dengan mengayun kaki kanan di depan kaki kiri dan hop dengan kaki kanan, hop lagi dengan kaki kanan.

12. Lompat dengan tali cepat

Berdiri, tali di belakang, lengan datar ke samping. Lompat ke atas sedang tali berputar dua kali dalam satu lompatan lambat. Tangan harus datar, tali berputar cepat dan putarnya dari pergelangan tangan.

13. Langkah can-can

Berdiri, tali ke belakang, lengan datar. Lompat dengan kaki kiri, tendang kecil kaki kanan ke depan, lompat lagi kaki kiri dan angkat kaki kanan ke atas. Variasikan dengan membengkokkan lutut dan tendangan kaki.

14. Ayunan kaki ke samping (cowboy step)

Berdiri dengan kaki kiri, lengan kiri diatas, lengan kanan di bawah. Tangan kiri tetap di atas, ayunan tali ke kanan dan melompat dengan kaki kiri. Step hop dengan kaki kanan saat tali diputar ke belakang dan ke kiri. Tendang kaki kiri melalui tali, step hop kaki kiri dan angkat tangan kanan ke atas.

15. Scottische step

Berdiri, tali di belakang dan lengan di samping. Scottische depan: melangkah kanan ke depan, kaki kiri mendekati kaki kanan, step hop kaki kanan. Kaki yang bebas terbuka ke depan atau ke belakang saat hop. Tali melewati bawah pada langkah pertama dan lagi pada step-hop.

16. Polka step 

Berdiri, tali ke belakang, lengan horizontal. Polka step;.... Hop, step, bersama, step. Tali di ayun lambat, langkah lebih cepat dari tangan. Mulai dari polka step dan tambahkan ayunan tali.

17. Hombo step

Berdiri, tali ke belakang, lengan mendatar. Jatuh ke depan diagonal di kaki kanan ujung kaki kiri menyentuh ke belakang dan tempatkan berat badan sesaat di kiri; jatuh lagi ke depan pada kaki kanan, sedang kaki kiri dibuka ke belakang. Ganti arah. Tali membuat dua ayunan komplit untuk tiap langkah.

Lompat Berpasangan

1. Pasangan saling berhadapan

No.1 memegang tali dan pasangannya berdiri di hadapan pemegang tali. No.1 memutar tali dan pasangannya masuk melompat bersama-sama. Keduanya harus saling berdekatan.

2. Berpasangan ke samping

Berdiri berdampingan, tangan yang di dalam saling melingkari pinggang teman. Tangan yang diluar masing-masing memegang ujung tali. Tali diputar bersama oleh keduanya dan melompat dalam irama yang sama. Lakukan; dua kaki lompat ke depan, dua kaki lompat ke belakang, hop ke depan atau ke belakang.

Nah itulah sedikit informasi mengenai gerakan senam rimtik dengan menggunakan media tali, semoga bermanfaat bagi teman-teman. Terima Kasih

Latihan Gerakan Senam Ritmik/Irama dengan Tali atau Pita Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ikbal H

1 komentar:

  1. makasi ilmunya

    Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Apakah Anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website kami http://kbagi.com/ untuk info selengkapnya.
    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    ReplyDelete