Penjaskesrek

Blog ini Berisi Informasi Seputar Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan yang Cocok untuk Semua Kalangan.

Teknik Gerakan Lengan dan Kaki Gaya Dada yang Benar


Dalam renang, gaya dada merupakan salah satu gaya yang cukup sulit, karena memang untuk melakukan gerakan ini dibutuhkan gerakan kaki dan lengan yang benar dan seimbang. Namun teman-teman tidak usah khwatir, kali ini kami akan mengupas masalah tersebut, seperti apa sih gerakan lengan dan kaki yang benar dalam gaya dada ? berikut jawabannya. Cekidot

Gaya Dada

  1. Posisi badan dalam sikap meluncur di mana lengan dan kaki dalam keadaan lurus. Sebagian kepala masih memecahkan permukaan air.
  2. Lengan mulai mengadakan dayungan dengan telapak tangan menghadap ke luar, pergelangan tangan tertekuk, kaki masih dalam keadaan lurus.
  3. Dayungan masih dilaksanakan dengan kedua lengan ke arah samping, telapak tangan menghadap ke samping belakang. Kaki masih mengadakan recovery.
  4. Dayungan lengan dilaksanakan dengan arah ke belakang, telapak tangan menghadap samping belakang. Kecepatan dayungan pada tahap maksimal belum juga mengadakan recovery. Kepala mulai keluar dari permukaan air, pengeluaran nafas mulai dilakukan.
  5. Dayungan lengan pada saat-saat akhir. Kedua lengan mendekati pada tubuh. Telapak tangan mengarah ke dalam. Kaki masih dalam keadaan lurus. Kepala hampir keluar dari permukaan air, dan pengeluaran nafas menjadi maksimal.
  6. Dayungan lengan hampir selesai. Kaki mulai mengadakan recovery. Mulut telah keluar dari permukaan air untuk mengambil nafas.
  7. Dayungan lengan telah selesai, dengan merapatkan lengan atas pada tubuh, dan lengan bawah di bawah dagu. Kaki dalam pertengahan recovery.
  8. Lengan mulai mengadakan recovery dengan meluruskan kedua lengan ke depan kaki mencapi saat akhir dari recovery dimana lutut berada ditengah-tengah antara tumit dan pantat. Kepala mulai turun dengan pandangan mata ke arah bawah.
  9. Recovery lengan secara pelan telah mencapai setengah kaki pada akhir recovery dimana telapak kaki dari keadaan lurus menjadi tertekuk, persiapan untuk tendangan kaki.
  10. Lengan hampir selesai melakukan recovery. Kaki telah mulai melakukan pukulan mencambuk ke arah samping. Kepala telah menghadap ke bawah.
  11. Recovery lengan telah selesai, dengan telapak tangan menghadap ke luar dan ibu jari terletak di bawah. Kaki dalam tendangan mencambuk, dimana kecepatan gerakan mencapai maksimal. Telapak kaki dari tertekuk ke arah lurus, dan ini yang merupakan pendorong kaki yang utama.

Itulah sedikit informasi mengenai teknik gerakan lengan dan kaki dalam gaya dada, semoga bisa bermanfaat bagi teman-teman dan terima kasih.

Teknik Gerakan Lengan dan Kaki Gaya Dada yang Benar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ikbal H

0 komentar:

Post a Comment