Penjaskesrek

Blog ini Berisi Informasi Seputar Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan yang Cocok untuk Semua Kalangan.

7+ Sarana dan Prasarana Bola Basket Disertai Gambar


Bola basket merupakan salah satu olahraga yang cukup populer di Indonesia, olahraga yang menggunakan tangan ini cukup populer terutama di kalangan masyarakat perkotaan. Untuk memainkan olahraga ini cukup sederhana, anda hanya harus memasukkan bola ke dalam tempat yang mirip dengan keranjang yang berada  di ujung lapangan.


Olahraga basket ini menurut sejarah bola basket dahulu dimainkan di dalam ruangan, namun dewasa ini sudah banyak lapangan terbuka tanpa atap penutup, hal ini tentu berbeda dengan masa-masa awal olahraga basket ini ditemukan, yaitu dimainkan di dalam ruangan untuk mengakali musim dingin saat itu.

Dalam pembahasan kali ini kami akan membahas mengenai sarana dan prasarana yang dibutuhkan jika ingin bermain basket? apa saja kah itu ? berikut jawabannya.

Sarana dan Prasarana Bola Basket

1. Lapangan

Lapangan Bola Basket
Lapangan merupakan sarana yang harus ada jika ingin melakukan olahraga, begitupun dengan bola basket. Lapangan bola basket sendiri hampir sama dengan lapangan futsal, yaitu berbentu persegi panjang.

Lapangan ini biasanya terbuat dari bahan beton ataupun aspal, namun untuk skala kompetisi nasional dan internasional maka lapangan biasanya terbuat dari kayu yang sangat halus permukaannya.

Ukuran lapangan bola basket tidaklah terlalu luas, untuk lebih jelasnya bisa teman-teman perhatikan hal berikut ini:
  • Panjang lapangan bola basket adalah: 28 m
  • Lebar lapangan basket adalah: 15 m
  • Jari-jari lingkaran: 1,8 m
  • Area tembakan 3 poin (3 angka): 6,25 m

2. Ring Basket

Ring Basket

Ring basket memiliki sejarah yang cukup unik, dahulu kala James Naismith sang penemu permainan ini menggunakan tempat buah persik sebagai sasaran tembakan, sebuah ide yang unik bukan.

Sekarang ini, ring basket sudah dilengkapi juga dengan anyaman tali di bagian pinggir kebawah, hal ini tentu saja untuk memudahkan bola terlihat apabila masuk ke dalam ring.

Ring basket merupakan incaran bagi semua pemain basket, untuk memperoleh poin maka bola basket harus dimasukkan ke dalam ring ini, dengan cara apapun, baik lay up, shoot dll.

Untuk ukuran dari ring basket sendiri, teman-teman bisa perhatikan hal berikut ini:
  • Tinggi ring dari lantai adalah: 3,5 m
  • Panjang jala: 45 cm
  • Garis tengah ring: 45 cm

3. Bola Basket

Bola Basket

Bola basket merupakan benda yang harus ada jika ingin bermain basket, bola ini biasanya berwarna terang dengan daya pantul yang besar jika dibandingkan dengan bola pada umumnya.

Karet yang dilapisi oleh bahan sintesis merupakan bahan utama pembuatan bola basket. Bola basket memiliki spesifikasi:
  • Berat bola adalah: 600-650 gram
  • Keliling bola basket adalah: 75-78 cm
  • Apabila bola basket dijatuhkan dari ketinggian 180 cm, maka bola yang bagus akan memantul setinggi 120-140 cm keatas.

4. Papan Pantul

Papan Pantul

Papan pantul merupakan tempat dimana ring basket ditambatkan. Papan ini berbentuk persegi panjang dan terbuat dari bahan yang keras dan kuat seperti kayu atau fiber.

Papan pantul berfungsi sebagai alat untuk memantulkan bola sebelum masuk ke dalam ring. Untuk ukuran papan pantul dapat dilihat angka dibawah ini:
  • Tebal papan adalah: 3 cm
  • Panjang papan pantul basket adalah: 1,20 m
  • Lebar papan pantul basket adalah: 90 cm
  • Jarak papan dari tiang penyangga adalah: 15 cm

5. Tiang Penyangga

Tiang penyangga merupakan sesuatu yang harus ada dalam jika ingin bermain basket, karena tiang inilah yang menjadi tempat papan pantul dan juga ring ditempatkan.

Tiang penyangga terletak di bagian tengah masing-masing dua ujung lapangan. Tiang penyangga dibuat dari bahan besi atau baja yang kuat dan kokoh. Selain itu, pada bagian bawah ring tiang penyangga biasanya dilapisi dengan matras atau sesuatu yang lunak untuk melindungi pemain dari cedera kalau mereka membentur tiang ini saat berduel dengan lawan.

Tinggi tiang penyangga adalah 3,03 m dari permukaan lantai permainan.

6. Papan Skor

Papan Skor

Papan skor biasanya digunakan pada pertandingan resmi, ada papan manual ada pula papan digital yang canggih.

Papan skor ini berguna untuk membantu wasit, pemain, dan penonton untuk mengetaui waktu dan skor pertandingan.

7. Seragam Pemain

Seragam Pemain

Untuk seragam pemain basket sendiri cukup unik, yaitu baju seperti singlet yang kelihatan bagian ketiaknya. Hal ini tentu saja untuk memudahkan pemain saat akan melakukan lemparan ke dalam ring.

Seragam regu yang bertanding tentu saja harus berbeda warnanya dengan regu lawan, hal ini untuk memudahkan pemain membedakan antara kawan dan juga lawan selama pertandingan.

Selain itu, seragam juga dilengkapi dengan nomor punggung dan dada. Untuk bahan dari seragam bola basket biasanya dibuat dari bahan yang mudah menyerap keringat.

Itulah informasi seputar 7+ sarana dan prasarana bola basket yang harus teman-teman ketahui, jika ada tambahan bisa diisi kolom komentar dibawah. Tetaplah berolahraga dan Terima kasih.

7+ Sarana dan Prasarana Bola Basket Disertai Gambar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ikbal H

0 komentar:

Post a Comment