Penjaskesrek

Blog ini Berisi Informasi Seputar Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan yang Cocok untuk Semua Kalangan.

7+ Sarana dan Prasarana Tenis Lapangan

Tenis lapangan merupakan salah satu olahraga bola kecil yang cukup populer di dunia, utamanya di negara-negara Eropa olahraga ini sangat digemari. Terlihat dari antusiasme penonton yang membanjiri tempat pertandingan dilaksanakan.

Di Indonesia sendiri olahraga ini masih kurang populer, masih kalah jika dibandingkan dengan bulutangkis, hal ini tidak terlepas dari masih kurangnya sarana dan prasana tenis lapangan, utamanya di desa-desa. Memangnya apas saja sih yang dibutuhkan untuk memainkan olahraga ini? 

Sarana dan Prasarana Tenis Lapangan

Sarana dan prasarana tenis lapangan merupakan peralatan yang menunjang terlaksananya olahraga ini. sarana dan prasarana yang baik tentu saja akan meningkatkan kualitas dari pertandingan itu sendiri.

Sarana dan prasarana apa saja yang dibutuhkan untuk memainkan tenis lapangan? Berikut ini ulasannya:

1. Lapangan (court)

Sarana dan Prasarana Tenis Lapangan

Lapangan merupakan unsur utama yang harus dipenuhi jika ingin bermain tenis lapangan, dengan kata lain tidak ada lapangan maka olahraga ini tidak dapat teman-teman mainkan. Lapangan tenis ini dibedakan menjadi 3 jenis yaitu:

  • Lapangan grass court (permukaan rumput)
  • Lapangan Hard court (permukaan keras)
  • Lapangan Gravel (permukaan tanah liat)

Semua jenis lapangan diatas memiliki keunikannya masing-masing sehingga terkadang atlet hanya mampu bermain bagus di lapangan tertentu saja.

Untuk bentuk lapangannya sendiri berbentuk persegi panjang dengan ukuran yang telah ditentukan seperti berikut ini:

  1. Panjang lapangan single: 23,77 m
  2. Panjang lapangan ganda: 8,23 m
  3. Lebar lapangan single: 8,23 m
  4. Lebar lapangan ganda: 10,97 m

2. Net

Net Tenis Lapangan

Net merupakan bagian dari lapangan yang harus ada saat ingin bermain tenis lapangan. Net terletak ditengah lapangan yang membagi antara pemain satu dengan yang lainnya.

Net harus dibuat dari bahan yang kuat agar tidak mudah rusak saat terkena pukulan bola pemain, kalau teman-teman pernah liat pertandingan tenis lapangan professional, kecepatan servis mereka bisa mencapai 120 km/jam lebih, kencang sekali bukan.

Di bagian atas net dilengkapi dengan pita berwarna putin yang didalamnya terdapat kabel logam yang berfungsi untuk menjaga tinggi dari net tersebut.

  1. Tinggi net: 910 mm
  2. Tinggi net bagian ujung: 1,070 mm
  3. Tinggi tiang net: 1,070 mm
  4. Lebar pita: 51 mm

3. Raket 

Raket Tenis

Raket tenis meja tentu saja berbeda dengan dengan raket yang digunakan dalam badminton, raket dalam tenis lapangan lebih berat karena obyek yang dipukul juga lebih berat dibandingkan dengan badminton.

Menurut sejarahnya, raket dahulu terbuat dari kayu dengan senar dari usus binatang. Barulah kemudian setelah teknologi semakin maju dan seiring dengan banyaknya penemuan, raket tenis lapangan juga mengalami tranformasi dengan segala bentuk kecanggihannya sebagaimana yang kita saksikan dewasa ini.

Untuk ukurannya sendiri ditentukan sebagai berikut:

  1. Panjang raket: 68,58 cm
  2. Berat Raket: 354-396 gram
  3. Besar pegangannya: 10,48-11,75 cm

Selain itu, juga ditetapkan aturan dalam penggunaan raket, yaitu: bingkai (daun raket) tidak boleh melebih 29 inci panjangnya dan lebarnya 12,5 inci. Raket yang digunakan juga tidak boleh menfasilitasi atlet untuk melakukan komunikasi dengan pelatih melalui alat yang ditanam di dalam raket selama pertandingan.

4. Bola (ball)

Kalau teman-teman pernah bermain kasti sewaktu kecil, maka seperti itulah bola yang digunakan untuk bermain tenis lapangan, namun dengan kualitas yang berbeda tentunya.

Warna dari bola ini dibuat dengan begitu cerahnya yaitu kuning agar lebih memudahkan pemain untuk melihat datangnya bola. 

Federasi Tenis Internasional (ITF) telah menentukan ukuran bola yang harus digunakan saat pertandingan, yaitu:
  1. Diamater bola: 65,41-68-58 mm
  2. Berat Bola: 56,0-59,4 gram

5. Pakaian Pemain

Pakaian pemain tenis lapangan tidak jauh berbeda dengan olahraga lainnya, yaitu celana pendek untuk laki-laki dan rok bagi perempuan, namun tidak jarang ada atlet perempuan yang menggunakan celana juga.

Celana ini biasanya dilengkapi dengan kantong yang besar untuk menyimpan bola tenis. pakaiannya juga diproduksi khusus untuk menyerap keringat agar atlet merasa lebih nyaman saat bertanding.

6. Sepatu

Sepatu penting sekali untuk melindungi kaki pemain dan memudahkannya mengejar bola. Sepatu dibuat dari bahan yang tidak licin agar atlet tidak jatuh saat mengejar bola.

Selain sepatu, kaos kaki juga penting untuk mengurangi gesekan kaki dan sepatu agar kaki tidak lecet.

7. Papan Skor

Papan skor yang digunakan dalam pertandingan resmi adalah papan digital, hal ini guna memudahkan penonton mengetahui skor pemain yang bertanding.

Itulah informasi mengenai sarana dan prasarana tenis lapangan, semoga bisa memberikan manfaat bagi kita semua. Silahkan teman-teman memberikan tanggapan di kolom komentar jika ada kekeliruan dalam artikel ini. Terima kasih.

7+ Sarana dan Prasarana Tenis Lapangan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ikbal H

0 komentar:

Post a Comment