Penjaskesrek

Blog ini Berisi Informasi Seputar Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan yang Cocok untuk Semua Kalangan.

Sejarah Golf Dunia

Halo teman-teman, bertemu lagi dengan kami. Dalam pembahasan kali ini kami akan mengulas sejarah singkat mengenai golf, ya olahraga yang biasanya dimainkan oleh kalangan atas ini memang tidak memiliki sejarah yang panjang seperti sepakbola, bahkan asal usul dari olahraga ini masih diperdebatkan, nah untuk lebih jelasnya teman-teman silahkan simak artikel berikut ini. Cekidot..

Golf merupakan salah satu olahraga terkenal yang membutuhkan kemahiran dalam memukul bola. Golf adalah permainan memukul bola agar masuk ke dalam sebuah lubang dengan menggunakan beberapa tongkat pemukul khusus. Golf merupakan permainan outdoor yang dapat dimainkan secara perorangan atau tim. Setiap pemain golf akan berupaya memasukkan bola ke dalam lubang-lubang yang ada di lapangan dengan jumlah pukulan sesedikit mungkin. Bola golf dipukul dengan menggunakan satu set tongkat pemukul yang disebut dengan stick golf. Peraturan pokok dalam permainan golf adalah memainkan bola dengan stick golf dari daerah tee (teening ground) hingga masuk ke dalam lubang dengan satu atau beberapa pukulan berikutnya sesuai dengan aturan yang diberlakukan.

Golf

Sejarah Olahraga Golf

Berbicara mengenai sejarah, tentu kita berbicara tentang asa muasal permainan golf, namun untuk golf sendiri belum bisa dipastikan dari mana olahraga ini berasal. Sebagian orang meyakini bahwa olahraga ini berasal dari Skotlandia yang telah dimainkan sekitar tahun 1100. Sebagian lagi meyakini bahwa olahraga ini berasal dari daratan Tiongkok pada masa dinasti Song pada abad ke 11, permainan menyerupai golf pernah dimainkan. Sedangkan masyarakat belanda telah memainkan permainan mirip golf pada tahun 1297 di kota Loenen aan de Vecht, belanda. Sementara bentuk permainan yang mulai menggunakan “stick golf” sebagai pemukul untuk memasukkan bola ke lubang, juga telah ada di Belanda pada abad ke-17. Lapangan golf tertua di dunia yang diketahui adalah The Old Links di Musselburgh. Di sana, golf telah dimainkan sejak tahun 1672.

Untuk namanya golf sendiri konon katanya diambil dari bahasa skotlandia, yaitu berasal dari kata kolf yang kalau dalam bahasa Inggris disebut dengan stick atau tongkat pemukul, hal ini tentu saja tidak terlepas dari cara memainkan olahraga ini yaitu dengan pukulan.

Dewasa ini olahraga golf menjadi salah satu olahraga yang terkenal di seluruh dunia, meskipun olahraga ini masih dianggap elitis karena memang hanya kalangan atas saja yang sering kita lihat memainkan olaharaga ini.

Untuk skala nasional sendiri olahraga golf sudah mulai dikenal sejaka zaman kolonialisme Belanda, pada tahun 1872 klub golf berdiri di Batavia. Selain itu kondisi dan pemandangan alam Indonesia yang indah juga sangat mendukung perkembangan golf ini, hal ini juga yang menjadikan banyak tempat-tempat kursus golf berdiri. Anai Resort Golf  Course yang berlokasi di pulau Sumatera menjadi salah rancangan golf di tanah Indonesia yang cukup terkenal.

Sedangkan untuk organisasi nasionalnya baru berdiri pada 8 April 1966 bernama PGI (Persatuan Golf Indonesia), organisasi ini hadir sebagai wadah untuk mengurus dan mengembangkan olahraga golf di Indonesia.

Peralatan Golf

Arena Golf

Golf termasuk salah satu permainan yang tidak mempunyai lapangan permainan standar. Umumnya, olahraga yang satu ini dimainkan di lapangan berumput yang luas dan memilki desain unik. Arena golf memang dirancang secara khusus. Salah satu tantangan golf adalah menaklukkan area lapangan tersebut yang masing-masing punya tingkat kesulitan tersendiri. Lapangan golf sering disebut juga dengan padang golf (golf cours). Lapangan golf memiliki sejumlah lubang yang umumnya terdiri atas 9 atau 18 lubang.

Lapangan golf memiliki batas yang ditandai dengan tee atau pasak. Wilayah yang berada di luar batas yang ditandai itu, disebut zona out of bounds atau OB. Jika pegolf mendaratkan bolanya di Zona OB maka pegolf tersebut akan menerima penalti satu pukulan dan mengulang pukulan dari tempat sebelumnya. Berikut adalah beberapa bagian penting lapangan golf.

a. Daerah tee

daerah tee merupakan arena tempat bola pertama kali dipukul. Daerah tee disebut juga sebagai tee ground atau tee box. Pukulan pertamanya disebut tee shot. Setiap daerah tee memiliki tanda yang menunjukkan area yang diperbolehkan untuk melakukan tee shot. Warna untuk daerah tee dibagi berdasarkan jarak, yaitu hitam, biru, putih, dan merah.

b. Fairway

fairway adalah daerah lintasan bola yang berada di antara tee ground hingga daerah green. Wilayah fairway dibatasi oleh rough di kanan dan kirinya. Rough adalah semacam area luas yang umumnya memilki rumput yang lebih tinggi dari fairway.

c. hazard

hazard adalah rintangan yang dibuat dengan maksud untuk meningkatkan level kesulitan setiap lubang supaya permainan menjadi lebih menarik. Ada dua macam hazard yang umum digunakan, yaitu water hazard dan bunker. Water hazard contohnya sungai dan danau. Sementara bunker merupakan cekungan berisi pasir.

d. Green

green merupakan arena bagi pegolf untuk memukul bola. Di area green, rumput dipotong sangat pendek agar bola melaju dengan mudah.

Bola

Seperti bola pada umumnya, bola golf berbentuk bulat. Namun ukurannya amat kecil. Berwarna putih dan biasanya memiliki diameter minimum 42,67 mm serta berang 45,93 gr.

Stik Golf

Stik golf atau tongkat golf memiliki tiga tipe, diantaranya wood, iron, dan putter. Tipe wood dipakai dalam memukul jarak yang sangat jauh. Iron digunakan untuk memukul jarak menengah, dan putter biasanya digunakan untuk melakukan pukulan di atas green. Sementara untuk memukul jarak pendek dipakai wedge, sejenis iron.

Perlengkapan lainnya

Dalam olahraga golf, juga digunakan sepatu khusus dan sarung tangan. Ada pula pasak atau tee yang digunakan untuk melakukan pukulan awal. Di atas tee akan disimpan bola golf untuk dipukul pada awal permainan. Selain itu, karena wilayah lapangan golf yang luas, permainan ini dilengkapi dengan fasilitas kendaraan golf cart. Golf cart digunakan untuk mengangkut pegolf dan alat golf menuju lokasi tempa memukul.

Mobil Golf

Bentuk Permainan

Olahraga golf memiliki dua jenis permainan yang disebut stroke play dan match play. Dalam satu babak, biasanya ada 18 lubang yang disediakan. Pukulan pertama dilakukan di daerah tee, terkecuali pada permainan yang disebut foursomes, yaitu permainan dua tim yang berkompetisi dan masing-maisng beranggotakan dua orang. Anggota dari setiap tim memukul bergantian dengan menggunakan satu bola. Pukulan-pukulan selanjutnya dipukul dari posisi bola terakhir mendarat. Pukulan pertama dari daerah tee disebut tee shot. Pukulan untuk mencapai green disebut approach. Selanjutnya pukulan di green untuk menggulirkan bola ke lubang disebut putting. Jika pemain berhasil memasukkan bola ke lubang tidak dari green, maka pukulan itu disebut chip in.

Hal yang menjadi target dalam permainan golf adalah pegolf berusaha memasukkan bola ke lubang dengan jumlah pukulan sesedikit mungkin. Pegolf biasanya berjalan di lapangan untuk memukul bola selanjutnya, sendiri atau dalam suatu grup yang terdiri atas dua, tiga, atau empat orang. Pegolf juga biasnaya didampingi seorang caddy. Tugas seorang caddy adalam membawa peralatan pegolf dan membantunya menyelesaikan setiap lubang serta memberi saran.

Itulah informasi mengenai sejarah dan peralatan dalam golf, semoga bisa bermanfaat bagi kita semua. Terima kasih.

Sejarah Golf Dunia Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ikbal H

0 komentar:

Post a Comment