Penjaskesrek

Blog ini Berisi Informasi Seputar Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan yang Cocok untuk Semua Kalangan.

73+ Istilah-istlah Dalam Tenis Meja

Tenis meja merupakan salah satu cabang olahraga yang tidak membutuhkan tempat yang luas sebagaimana olahraga lainnya. Permainan ini bisa anda lakukan di dalam ruangan dan tentu saja sangat menyenangkan.

Untuk mengenal permainan ini dengan baik, ada beberapa istilah yang harus anda tahu terlebih dahulu, istilah-istilah ini biasanya dalam bahasa inggris sehingga cukup sulit untuk difahami, berikut adalah istilah-istilah dalam tenis meja:


Tenis Meja

Istilah-istilah Dalam Tenis Meja 

  1. Antispin: lembaran karet inverted yang sangat licin sehingga pukulan spin tidak bisa terjadi.
  2. Backspin adalah pukulan yang dilakukan dengan menggerakkan bet ke arah kiri siku kiri bagi pemain yang menggunakan tangan kanan, dan berlaku sebaliknya bagi pemain yang menggunakan tangan kiri.
  3. Blade adalah bet yang biasanya tidak menggunakan pelapis (bidang net).
  4. Blok adalah pengembalian yang cepat, segeras setelah bola memantul dengan pukulan yang agresif dilakukan dengan memegang bet dalam jalur gerakan bola.
  5. Blocker adalah tipe atau gaya permainan dimana blok merupakan pukulan utama dan andalannya.
  6. Chop adalah pengembalian pukulan yang bersifat bertahan dengan menggunakan backspin, biasanya dilakukan dalam jarak yang cukup dari meja.
  7. Chop block adalah pukulan dimana bet digerakkan kebawah saat terjadi kontak untuk menimbulkan backspin.
  8. Closed racket adalah posisi bet dimana bagian untuk memukul diarahkan ke bawah, dengan sisi atas yang dimiringkan menjauh dari tubuh anda (bet dalam keadaan tertutup).
  9. Counterloop adalah pukulan yang dilakukan untuk membalas loop dengan loop.
  10. Counterdrive adalah pukulan yang dilakukan untuk membalas pukulan dengan pukulan.
  11. Countersmash adalah pukulan yang dilakukan untuk membalas smash dengan smash.
  12. Crosscourt adalah adalah bola yang dipukul secara diagonal dari suatu sudut ke sudut lainnya.
  13. Crossover adalah tipe footwork untuk menjaga sisi forehand terjauh.
  14. Dead adalah bola tanpa spin (matt). 
  15. Baca Juga: Latihan Fisik Untuk Olahraga Tenis Meja
  16. Default adalah didiskualifikasi dari sebuah pertandingan karena alasan tertentu (dikeluarkan).
  17. Double bounce adalah bola yang memantul dua kali pada sisi meja yang sama (pantulan ganda). Pemain pada sisi meja tersebut akan kehilangan poin dan lawan akan memperoleh poin.
  18. Down the line adalah bola yang dipukul lurus pada satu sisi meja, pararel dengan garis pinggir (lurus).
  19. Dropshot adalah menempatkan bola sependek mungkin sehinga lawan akan mengalami kesulitan untuk menjangkaunya. Pukulan ini biasa dilakukan apabila lawan berada jauh dari meja.
  20. Expedite rule adalah bila satu game telah berlangsung 15 menit tanpa akhir, peraturan expedite diterapkan. Satu poin diberikan pada poin yang menerima bola yang mengembalikan 13 pukulan berturut-turut setelah peraturan expedit diterapkan. Pemain melakukan servis bergantian setelah peraturan expedit diterapkan (peraturan expedit).
  21. Flat adalah bola yang tidak memiliki spin, biasanya bergerak dengan cepat. Bola mengenai bet secara langsung, pada sudut yang tegak lurus (rata).
  22. Flip adalah pengembalian bola topspin yang agresif yang mendarat di dekat net (bola pendek).
  23. Footwork adalah bagaimana gerakan langkah kaki pemain saat melakukan ataupun menerima pukulan.
  24. Forehand adalah setiap pukulan yang dilakukan dengan bet yang digerakkan ke arah kanan siku untuk pemain yang menggunakan tangan kanan, dan ke kiri untuk pemain yang menggunakan tangan kanan, dan ke kiri untuk pemain yang menggunakan tangan kiri.
  25. Freehand adalah tangan yang tidak memegang bet atau yang biasa juga disebut dengan tangan bebas.
  26. Handicap events adalah partai dalam turnamen dimana poin diberikan untuk membuat pertandingan sen (portal handicap).
  27. Hard rubber adalah tipe lapisan bet dengan karet yang berbintik-bintik (pips out) tanpa lapisan spons di bawahnya. Ini merupakan pelapis yang paling sering digunakan hingga berkembangnya spons karet tapi sekarang sudah jarang digunakan (karet keras).
  28. Hitter adalah gaya permainan dimana hit adalah pukulan utamanya.
  29. Servis high toss adalah servis yang dilakukan dengan cara bola dilemparkan tinggi ke udara. Servis seperti dapat meningkatkan spin dan gerakan menipu lawan.
  30. Spons inverted adalah pelapis bet yang paling umum terdiri atas selembar karet berbintik-bintik di bagian atas lapisan spons. Bintik-bintiknya mengarah ke dalam, ke arah spons, sehingga permukaan bet halus. Ini merupakan kebalikan dari spons pips-out, dimana bintik-bintiknya mengarah ke luar, berlawanan dengan arah spons.
  31. Baca Juga: Cara Melakukan Gerak Tipu Dalam Sepakbola
  32. ITTF adalah International Table Tennis Federation (Federasi Tenis Meja Internasional). Badan organisasi olahraga dunia khusus tenis meja.
  33. Junk player adalah pemain yang menggunakan pelapis bet yang tidak biasa, biasanya long pips atau antispin (pemain yang tidak baik).
  34. Kill shot adalah pukulan yang mematikan.
  35. Let adalah bila permainan diinterupsi karena alasan apa saja saat terjadi rally,let dijalankan dan poin tidak dihitung. 
  36. Let service adalah tipe let yang paling sering terjadi saat bola yang diservis menakik net. Seperti let lainnya, apabila hal ini terjadi maka wajib mengulang kembali servis.
  37. Loaded adalah bola dengan jumlah spin yang banyak (berisi).
  38. Lob adalah pengembalian bola smash yang bersifat bertahan. Biasanya dilakukan dengan topspin atau sidespin.
  39. Long adalah panjang
  40. Long pips adalah tipe karet pips-out dimana bintik-bintiknya panjang dan tipis dan tertekuk saat terjadi kontak dengan bola. Long pips mengembalikan bola dengan spin apa saja yang ada pada bola saat kontak dan sulit untuk melawannya bila anda tidak terbiasa dengan bet jenis ini.
  41. Loop adalah pukulan topspin yang keras, biasanya dianggap pukulan yang paling penting dalam permainan. Kebanyakan pemain mengkhususkan diri baik dalam menggunakan loop maupun menangani loop.
  42. Looper adalah tipe permainan dimana pukulan utamanya adalah loop
  43. Match adalah dua dari tiga atau tiga dan lima babak permainan.
  44. Open racket adalah posisi bet dimana permukaan yang digunakan untuk memukul diarahkan ke atas, dengan sisi bagian atas yang dimiringkan ke arah tubuh anda (bet dalam keadaan terbuka).
  45. Penholder adalah tipe pegangan (grip) yang sering digunakan oleh para pemain Asia. Pegangan ini sangat memungkinkan pemain untuk melakukan forehand tetapi sangat menganggu saat ingin melakukan backhand. Bisa dikatakan bahwa pukulan ini hanya bisa melakukan forehand saja.
  46. Pips adalah potongan kecil karet berbentuk kerucut yang melapisi lembaran karet tenis meja.
  47. Pips-out adalah tipe pelapis bet yang terdiri dari selembar karet berbintik-bintik pada bagian atas lembaran spons. Pipnya mengarah ke luar, berlwanan arah dengan inverted.
  48. Playing surface adalah bagian atas meja, termasuk sisi-sisinya (permukaan yang digunakan untuk bermain tenis meja).
  49. Push adalah pengembalian backspin dengan backspin yang bersifat bertahan.
  50. Put-away: lihat smash (pukulan pemusnah).
  51. Baca Juga: 5 Metode Pembelajaran Renang Efektif
  52. Racket adalah benda yang digunakan untuk memukul bola.
  53. Rally adalah pemukulan bolak-balik, dimulai dengan servis dan diakhiri bila poin dimenangkan.
  54. Rating adalah nomor yang ditentukan pada setiap pemain turnamen setelah turnamen pertama mereka. Semakin baik seorang pemain semakin tinggi peringkatnya. Tingkatannya bervariasi mulai dari 200 hingga 2900.
  55. Rating events adalah partai dalam turnamen yang membutuhkan pemain-pemain dalam peringkat tertentu.
  56. Recieve adalah pengembalian servis dari lawan.
  57. Rubber adalah pelapis bet. Kadang-kadang mengacu hanya pada karet di bagian atas spons (karet).
  58. Rubber cleaner adalah alat/zat yang digunakan untuk menjaga agar permukaan karet inverted tetap bersih (pembersih karet).
  59. Rubber sandwich adalah dasar spons yang dilapisi dengan selembar karet dengan pips yang mengarah ke dalam atau ke luar. Bila mengarah ke dalam, berarti spons inverted. Bila mengarah ke luar, berarti pips-out (karet selipan).
  60. Seemiller grip adalah jenis pegangan (grip) yang sering digunakan di Amerika Serikat, diberi nama sesuai dengan pemegang 5 kali juara U.S National Champion, dan Seemiller, yang mengembangkan grip ini. Kebanyakan pelatih menganggap ini sebagai grip yang rendah mulutnya dan di luar Amerika tipe pegangan ini hampir tidak pernah di dengar. Grip jenis ini juga dikenal dengan sebutan American Grip.
  61. Serve adalah pukulan pertama yang dilakukan oleh server. Pukulan ini dimulai dengan bola yang dilambungkan terlebih dahulu ke atas dari telapak tangan dan kemudian dipukul dengan bet (servis).
  62. Shakehand grip adalah jenis pegangan yang terkenal dan memberikan kemungkinan bagi pemain untuk melakukan backhand dan forehand secara seimbang.
  63. Short adalah bola yang akan memantul dua kali pada sisi meja lawan bila dibiarkan (pendek).
  64. Sidespin adalah tipe spin yang paling efektif dalam servis. Bila anda menggunakan sidespin, bola berputar seperti piringan hitam.
  65. Smash adalah bola yang dipukul dengan kecepatan yang cukup sehingga lawan tidak dapat mengembalikannya. Juga disebut dengan pukulan mematikan atau pukulan pemusnah.
  66. Smother kill adalah melakukan smas h segera setelah bola memantul, biasanya dilakukan untuk menghadapi net.
  67. Speed glue adalah tipe lem yang dapat diletakkan di bawah lembaran spons bet agar bola menjadi lebih cepat dan memiliki lebih banyak spin.
  68. Spin adalah putaran yang diberikan pada bola.
  69. Spons adalah bahan karet mengapung yang digunakan sebagai lapisan di bawah selembar  karet dengan pips. Spons memperbaharui permainan dan mengakhiri zaman karet keras pada tahun 1950-an.
  70. Stroke adalah setiap pukulan yang digunakan dalam permainan termasuk servis (pukulan).
  71. Topspin adalah tipe spin yang digunakan pada hampir semua pukulan yang agresif, dengan jumlah spin yang lebih banyak digunakan dalam pukulan loop. Saat anda melakukan topspin pada bola, bagian atas bola bergerak menjauh dari tubuh anda.
  72. Two step footwork adalah tipe footwork yang paling terkenal dimana pemain memulai dengan langkah pendek dengan menggunakan kaki pada sisi arah tujuannya. Kemudian, kaki yang lainnya mengikuti seakan-akan kedua kaki bergerak bersamaan.
  73. Umpire adalah pegawai/orang yang menghitung skor dan menerapkan peraturan selama pertandingan (wasit).
  74. Underspin: lihat backspin.
  75. Ustta adalah United States Table Tennis Assosiation (Asosiasi Tenis Meja Amerika Serikat). Badan pemerintahan untuk tenis meja di Amerika.
  76. Volley adalah memukul bola sebelum bola memantul pada sisi meja anda, yang akan membuat kehilangan poin.

Itulah informasi seputar istilah-istilah dalam tenis meja yang sering kita temui. Semoga bisa menambah pengetahuan kita semua. Terima kasih.

73+ Istilah-istlah Dalam Tenis Meja Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ikbal H

0 komentar:

Post a Comment