Penjaskesrek

Blog ini Berisi Informasi Seputar Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan yang Cocok untuk Semua Kalangan.

Cara melakukan Pegangan Shakehand Grip Dalam Tenis Meja

Seiring dengan kemajuan teman-teman dalam tenis meja, maka anda akan melihat beberapa variasi cara memegang bet. Tapi anda akan menemukan pemain yang hanya menggunakan beberapa variasi saja.

Cara memegang yang tidak sempurna akan membuat pukulan anda tidak sempurna pula. Contohnya, anda mungkin mampu melakukan pukulan forehand yang sempurna dengan cara memegang bet yang tidak sempurna, tapi karena mekanisme tubuh, anda tidak akan mampu melakukan pukulan backhand yang sempurna. Cara memegang yang buruk akan membatasi perkembangan dan permainan anda.


Salah satu cara memegang bet yang paling banyak digunakan adalah shakehand grip. Model pegangan ini banyak digunakan oleh para pemain amatir. Lantas seperti apa cara melakukan pegangan shakehand grip yang benar? Berikut ini adalah ulasan lengkapnya. Cekidot.

Shakehand Grip

Shakehand Grip

Shakehand grip merupakan salah satu cara memegang bet yang paling multiguna, terkenal dan paling direkomensikan. Berikut ini adalah cara memegang bet dengan cara shakehand.
  1. Dengan bidang bet yang tegak lurus dengan lantai, peganglah bet seakan-akan anda sedang bersalaman dengan orang lain.
  2. Luruskan jari-jari anda di bagian bawah bidang permukaan bet dengan ibu jari di permukaan bet lainnya.
Ibu jari harus sedikit ditekuk dan lemas agar kuku ibu jari tegak lurus dengan permukaan bet yang digunakan untuk memukul (bagian dalam ibu jari tidak menyentuh bet). Bidang bet harus menyandar pada lekukan antara ibu jari dan telunjuk, kira-kira 3 cm dari sisi jari telunjuk. Jari telunjuk harus berada dekat bagian bawah bet dan tidak melintang ke arah atas bet. Ibu jari tidak boleh terlalu merapat pada bet (walaupun beberapa pemain melakukannya saat memukul backhand, dan mengayunkan bet ke belakang untuk memukul forehand).


Dengan cara memegang bet ini, sekarang anda mempunyai dua penahan ibu jari dan jari telunjuk, dan tiga jari lainnya di sekeliling pegangan bet. Bidang bet juga harus bersandar pada jari tengah untuk lebih menahan bet. Dengan cara tersebut, bidang bet akan menjadi stabil.
Ibu jari bersandar pada sisi forehand dari bet, jari telunjuk di sisi backhand.
Saat anda melakukan pukulan backhand, ibu jari memberikan penahan yang kuat pada bet, untuk forehand dilakukan oleh telunjuk. Dengan demikian bersama dengan dua penahan, membuat bet terkontrol dengan baik.

Shakehand Grip

Kebanyakan pemain menggunakan gabungan pegangan forehand dan backhand dengan cara memegang bet di antara pegangan forehand dan backhand, yang biasa disebut dengan grip netral.
Tapi yang penting bagi kita untuk membedakan antara kedua tipe grip tersebut. Bila saat memegang bet di depan (dengan shakehand grip). Anda memutar bagian atas bet ke arah anda, maka anda akan mempunyai lebih banyak tenaga dan kontrol pada sisi forehand. Dan kebalikannya untuk backhand. Bila anda memutar bagian atas bet menjauh dari anda, anda harus menggunakan pegangan backhand. Dengan demikian anda akan mempunyai lebih banyak tenaga dan kontrol pada sisi backhand, dan sebaliknya pula untuk forehand. Pada umumnya, kami tidak menyarankan perubahan cara memegang dalam permainan rally, tetapi beberapa pemain melakukan hal tesebut.

Kelebihan Shakehand Grip

  1. Pegangan yang paling multiguna (bisa forehand dan backhand).
  2. Satu-satunya jenis pegangan yang memungkinkan melakukan pukulan backhand memutar.
  3. Pegangan yang paling baik untuk backhand.
  4. Pegangan yang paling baik untuk bermain jauh dari meja.
  5. Pegangan yang paling baik saat bertahan.
  6. Dapat memukul dengan kekuatan maksimal ke sudut meja.

Kelemahannya Shakehand Grip

  1. Lemah menghadapi pukulan yang mengarah ke tengah meja.
  2. Sulit untuk menggunakan pergelangan tangan pada beberapa pukulan.

Kesalahan Shakehand Grip

Pemain dapat saja bermain dengan baik dengan pegangan mereka. Bila anda memulai dengan grip menggunakan grip yang tidak tepat. Tapi dengan yang tepat anda akan mendapatkan keuntungan. Jadi banyaknya pertandingan akan membangkitkan pastikan anda tidak melakukan kesalahn-kesalahan keinginan pemain untuk menutupi kelemahan sebagaimana berikut ini.
  1. Pegangan forehand atau backhand terasa tak menentu atau tidak stabil. Cara memperbaiki keselahan ini adalah dengan memutar bagian atas bet ke arah dalam (apabila anda memegang bet di depan tubuh dengan shakehand grips) akan membuat pukulan backhand lebih stabil, tapi pukulan forehand kurang stabil; putar bagian atas bet ke arah belakang, akan mengakibatkan kebalikannya. Kebanyakan pemain menggunakan gabungan antar keduanya.
  2. Bagian dalam ibu jari menyentuh bet, cara ini membuat pukulan forehand anda tidak menentu, begitu juga pukulan backhand menjadi kurang bertenaga. Kuku ibu jari harus tegak lurus dengan bet.
  3. Jari telunjuk anda melintang di permukaan sisi backhand bet. Cara ini baik untuk melakukan pukulan forehand tapi membuat pukulan backhand menjadi tidak stabil. Selain itu, daerah untuk pukulan backhand menjadi berkurang. Jagalah jari telunjuk anda agar tetap berada di bagian bawah bet.
  4. Pegangan terlalu kuat. Cara memperbaikinya adalah dengan melonggarkan pegangan anda, dengan memegang bet terlalu kuat akan menyebabkan anda kehilangan tenaga dan kontrol. Cara yang paling baik untuk mengetahui apakah anda memegang bet terlalu kuat adalah dengan membayangkan seakan-akan seseorang menyelinap di belakang dan merampas bet anda. Apabila orang tersebut kesulitan merampas bet tersebut, berarti anda memegang bet terlalu kuat.

Itulah informasi seputar cara melakukan pegangan shakehand grip dalam tenis meja, semoga bisa memberikan manfaat bagi kita semua. Terima kasih dan selamat bermain.

Cara melakukan Pegangan Shakehand Grip Dalam Tenis Meja Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ikbal H

0 komentar:

Post a Comment