Penjaskesrek

Blog ini Berisi Informasi Seputar Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan yang Cocok untuk Semua Kalangan.

Cara Melakukan Servis Topspin dan Backspin Dalam Tenis Meja

Servis dalam tenis merupakan salah satu teknik dasar yang harus dikuasai dengan baik jika ingin menjadi pemain tenis meja yang hebat. Dalam servis sendiri dikenal beberapa pukulan yang bisa memberikan efek tertentu terhadap bola sehingga lawan menjadi lebih sulit untuk mengembalikan bola.

Baca Juga: Tujuan Pendidikan Jasmani (penjas) yang Wajib Anda Tahu

Salah satu teknik servis yang banyak digunakan oleh atlet tenis meja adalah servis topspin dan backspin, servis ini memang cukup sulit untuk dikuasai, namun apabila anda bisa menguasai pukulan ini dengan baik, maka akan menjadi salah satu pukulan mematikan anda. Seperti apa cara melakukan servis topspin dan backspin yang benar dalam tenis meja? Berikut ini adalah jawabannya. Cekidot. 

Servis Tenis Meja

Servis Topspin

Anda dapat melakukan servis topspin baik dengan topspin yang keras atau kecepatan yang hebat, tergantung apakah anda memukul bola dengan gerakan menyerempet atau memukulnya dengan gerakan lurus (mendatar). Pelajarilah keduanya, karena banyak pemain yang akan menghadapi kesulitan dengan salah satu gerakan tapi tidak menghadapi kesulitas pada gerakan lainnya.

Untuk spin yang maksimum, pukul bola dengan gerakan menyerempet dari arah atas. Untuk kecepatan yang maksimum, lakukan servis menyilang agar bola mempunyai lebih banyak waktu sebelum jatuh, sebaiknya anda berlatih keduanya baik servis menyilang maupun servis lurus
  1. Mulailah dengan mengambil posisi berdiri, biasanya menghadap sisi backhand anda. Untuk servis forehand topspin, agak sedikit menghadap ke arah kanan, untuk servis backhand topspin, menghadap ke meja.
  2. Tarik tangan anda ke belakang dan lambungkan bola pada saat yang bersamaan. Agar bola bergerak lebih cepat, tank bet lurus ke belakang, agar bola lebih berputar, tank bet sedikit ke bawah.
  3. Saat bola akan turun, tarik bet ke arah depan siku anda. Pukul bola rendah di atas meja, dengan gerakan sangat datar untuk bola cepat, dan gerakan menyerempet dari arah atas untuk bola putar.
  4. Saat memukul, sentakkan pergelangan tangan anda ke arah atas untuk bola putar dan ke arah atas untuk bola putar dan ke arah depan untuk bola cepat.
  5. Bet harus tegak lurus dengan lantai atau sedikit mengarah ke bawah saat memukul. 
  6. Lakukan gerakan secara alami, dengan pergelangan tangan memutar.
Baca Juga: Cara Melatih Kecepatan dan Daya Tahan Dalam Sepakbola

Terlebih dahulu, bola harus memantul di sisi meja anda di dekat garis pinggir. Pantulan kedua harus di dekat garis pinggir lawan pinggir sekali. Ini akan memberikan kesempatan pada bola untuk jatuh di antara dua pukulan, membuat pukulan anda lebih cepat, karena batas utama kecepatan pada saat memukul adalah membuat bola mendarat dengan cepat, menghantam sisi meja lawan. Servis yang membuat bola mendarat di ujung garis meja lawan juga membuat lawan mengembalikan bola sejauh-jauhnya dari targetnya (sisi meja anda), membuat servis ini sulit untuk dikembalikan secara efektif.
Pastikan bola melintasi net dengan sangat rendah. Apabila bola tinggi di atas net, bola akan mudah dikembalikan lawan.

Servis Backspin

Servis backspin hampir sama dengan servis topspin dengan perbedaan sebagai berikut:
Bet anda harus terbuka saat melakukan servis.
  1. Gerakan bet sedikit ke arah atas saat backswing dengan pergelangan tangan yang dimiringkan ke atas.
  2. Kemudian gerakan bet turun ke arah bola, pukul bola di bagian belakang sebelah bawah (serendah yang anda bisa) dengan gerakan menyerempet, sentakan pergelangan tangan saat terjadi kontak.
  3. Bola harus bergerak perlahan, karena kecepatan bet anda menimbulkan backspin pada bola, bukan menimbulkan kecepatan.

Pertama, servis anda mungkin anda terlalu panjang. Pada poin ini, servis dengan backspin yang baik lebih penting dari pada kontrol bet. Tapi, bila anda mempelajari cara melakukan servis backspin sehingga bola tidak terlalu panjang, akan lebih sulit bagi lawan anda untuk melakukan serangan. Servis yang pendek adalah servis dimana bola memantul dua kali di sisi meja lawan. Lebih mudah untuk melakukan servis backspin dan no-spin yang pendek dari pada spin lainnya.


Untuk mendapatkan servis yang pendek, pastikan pantulan pertama (di sisi meja anda) dekat dengan net. Pukula bola dengan gerakan menyerempet, sehingga gerakan ke depan tidak terlalu banyak dan cobalah untuk membuat bola memantul dua kali di sisi meja lawan (anggap saja lawan anda tidak memukulnya). Tapi, jangan korbankan spin untuk mendapatkan bola pendek. Bila anda menjaga bola agar memantul rendah (seperti yang anda lakukan saat servis), bola juga akan menjadi pendek. Servis menyilang juga memberikan ruang untuk menjaga bola tetap pendek.

Kesalahan Saat Melakukan Servis Topspin dan Backspin

Walaupun anda tidak dapat membuat servis yang benar dalam waktu satu malam, paling tidak anda dapat membuat servis yang sangat cepat dengan mengikuti beberapa prinsip dasar. Terdapat beberapa kesalahan umum pada servis, dan dengan mengetahuinya anda dapat meningkatkan servis anda.

Kesalahan-kesalahan

  1. Servis anda memantul terlalu tinggi sehingga lawan dengan mudah melakukan serangan.
  2. Servis tersangkut di net.
  3. Servis ke luar.
  4. Pukulan meleset.
  5. Spin yang ditimbulkan tidak cukup.
  6. Servis anda tidak menentu.
  7. Servis backspin anda panjang.
  8. Servis topspin anda lambat.

Perbaikan-perbaikan dari Kesalahan Di atas

  1. Pukul bola lebih rendah dan pastikan untuk memukul ke arah bawah. Ini adalah penyebab utama pantulan yang tinggi.
  2. Pastikan pantulan yang pertama tidak terlalu dekat dengan net.
  3. Penyebabnya bisa saja karena anda melakukan servis terlalu cepat atau servis memantul terlalu tinggi. Bola tidak mendapat kesempatan untuk memantul di sisi meja lawan.
  4. Tetap pandangi bola. Lambungkan bola sedikit lebih tinggi agar anda mempunyai lebih banyak waktu untuk melihatnya dan memukulnya.
  5. Pastikan untuk menyerempet bola. Untuk membuat bet lebih cepat bergerak, lemaskan otot anda , perpanjang backswing dan pergelangan tangan.
  6. Pastikan pukulan dan kontak terjadi pada saat yang bersamaan. Tangan tidak boleh kaku.
  7. Serempet bola lebih kuat. Buatlah pantulan pertama berada di dekat net dan sangat rendah.
  8. Pastikan tangan anda tidak dalam keadaan kaku.
  9. Sentakan bagian depan tangan dan pergelangan tangan saat melakukan pukulan dan pukul ke arah depan.

Itulah sedikit informasi seputar Cara Melakukan Servis Topspin dan Backspin Dalam Tenis Meja, semoga bisa bermanfaat dan dipraktekkan langsung oleh teman-teman. Selamat mencoba dan Terima kasih.

Cara Melakukan Servis Topspin dan Backspin Dalam Tenis Meja Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ikbal H

0 komentar:

Post a Comment