Penjaskesrek

Blog ini Berisi Informasi Seputar Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan yang Cocok untuk Semua Kalangan.

Gambar dan Ukuran Lapangan Tenis Meja

Tenis meja merupakan salah satu olahraga yang disukai oleh masyarakat Indonesia, olahraga ini tidak membutuhkan lapangan yang luas sebagaimana olahraga yang lainnya, cukup dengan meja ukuran tertentu maka olahraga ini dapat dimainkan dengan cara yang menyenangkan dan menyehatkan tentunya.

Ukuran lapangan tenis meja tidaklah terlalu luas, olahraga ini biasa anda mainkan di dalam ruangan ataupun di luar, namun untuk mencegah gangguan angin, sebaiknya tenis meja dimainkan di dalam ruangan (indoor).

Sebelum kita masuk pada pembahasan mengenai ukuran lapangan tenis meja, maka tidak ada salahnya kami kira jika sebelum itu kita bahas sedikit mengeni sejarah olahraga ini.

Sejarah Tenis Meja

Sejarah Tenis Meja

Bagaimana sejarah tenis meja? Olahraga ini menurut sejarahnya berasal dari Inggris, saat itu tenis meja digunakan sebagai cara untuk mengisi waktu luang para bangsawan setelah makan malam. Olahraga ini dimainkan di dalam ruangan menggunakan meja dan buku yang disusun di bagian tengah sebagai pengganti net.

Bola yang digunakan saat itu juga belum sama dengan yang kita gunakan sekarang ini, melainkan mereka menggunakan bola golf yang dipukul dengan menggunakan buku.

Olahraga yang menggunakan bola kecil ini sempat dilarang dimainkan oleh pemerintah Rusia karena dianggap dapat merusah penglihatan karena ukuran bola yang teramat kecil.

Setelah itu, olahraga ini semakin berkembang seiring dengan ditemukannya bola seluloid oleh James W Gibb pada tahun 1901 dalam perjalanan menuju ke Amerik Serikat. Tak lama setelah itu, pada tahun yang sama ditemukan juga inovasi dalam pembuatan raket tenis meja, yaitu kayu yang dilapisi dengan karet berbintik oleh E.C Goode.

Gambar dan Ukuran Lapangan Tenis Meja

Untuk ukuran lapangan tenis meja tidaklah memakan tempat yang luas, namun dalam pertandingan resmi untuk memudahkan pemain bergerak maka dibuat aturan tertentu mengenai batas area tenis meja.

Untuk lebih jelasnya, berikut ukuran lapangan tenis meja yang harus teman-teman ketahui, untuk memudahkan, kami juga menyertakan gambarnya.

Ukuran Lapangan Tenis Meja

Panjang meja tenis adalah: 2,74 m
Lebar meja tenis adalah: 1,52 m
Tinggi meja tenis adalah: 76 m
Panjang net meja adalah: 1,83 m
Tinggi net adalah: 15,25 cm

Itulah ukuran lapangan tenis meja yang sering digunakan dalam pertandingan resmi maupun tidak resmi.

Selain ukuran lapangan, hal lain yang harus anda ketahui adalah raket dan bola yang digunakan dalam tenis meja, namun anda tidak usah khawatir, karena kami akan membahasnya sedikit pada ulasan kali ini.

Raket/bet Tenis Meja

bet tenis meja mengalami perkembangan yang pesat pada tahun 1950, saat itu bet tenis meja sudah modern dengan digunakannnya spons yang digabung dengan lembaran karet, sehingga mengubah kecepatan permainan saat itu.

Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan mengenai bet tenis meja:

  • Untuk ukurannya sendiri, bet tenis meja tidaklah ada ketentuan tertentu, namun daun bet yaitu yang berbentuk bundar haruslah keras dan kaku.
  • Bagian daun raket yang digunakan untuk memukul bola harus dilapisis dengan karet licin.
  • Hal yang harus diperhatikan saat bertanding perihal raket adalah pemain harus menunjukkan raket kepada wasit dan lawan untuk menghindari kecurangan selama pertandingan.

Bola Tenis Meja

Menurut sejarah Tenis meja, bola yang digunakan pada awal permainan ini ditemukan adalah bola golf, bisa teman-teman bayangkan bagaimana beratnya. 

Namun setelah bola seluloid yang lebih ringan ditemukan, maka olahraga ini semakin digemari. Untuk spesifikasi bola yang digunakan dalam tenis meja bisa teman-teman perhatikan catatan berikut ini:

  • Berat bola tenis meja adalah 2,7 gr dengan diameter bola 40 mm.
  • Warna yang biasa digunakan dalam bola tenis adalah putih dan orange.
  • Syarat bola yang harus dipenuhi adalah, jika bola dijatuhkan dari ketinggian 30 cm, maka bola yang memenuhi standar akan memantul setinggi 23-26 cm.
  • Untuk memilih bola tenis yang baik, maka lihatlah bintang yang tertera pada bola tersebut, semakin banyak jumlah bintang menunjukkan kualitas bola yang semakin baik.

Nah itulah sedikit informasi mengenai ukuran lapangan tenis meja yang harus teman-teman ketahui, semoga bisa bermanfaat bagi teman-teman yang membutuhkan. Terima kasih dan selamat bermain.

Gambar dan Ukuran Lapangan Tenis Meja Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ikbal H

0 komentar:

Post a Comment