Penjaskesrek

Blog ini Berisi Informasi Seputar Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan yang Cocok untuk Semua Kalangan.

Pengertian Bola Voli

Apa pengertian Bola voli? pertanyaan itulah yang akan kita bahas pada pembahasan kali ini. Bola voli merupakan salah satu olahraga yang disukai oleh masyarakat Indonesia, olahraga ini tidaklah terlalu berat sebagaimana olahraga lainnya, seperti sepakbola, basket dan lain-lain sehingga olahraga ini bisa dimainkan oleh semua orang, tanpa memandang usia maupun jenis kelamin.

Bola Voli

Pengertian Bola Voli 

Bola voli merupakan salah satu olahraga yang dimainkan oleh dua tim yang saling berlawanan dengan jumlah pemain maksimal pemain 12 orang, berarti dalam satu tim terdapat 6 orang. Olahraga di dalam lapangan berbentuk persegi panjang dengan ukuran khusus lapangan voli tentunya.

Sejarah Bola Voli

Bola voli merupakan olahraga yang terinspirasi dari beberapa macam cabang olahraga, seperti bola basket, tenis dan juga bola tangan. Olahraga ini diciptakan oleh salah seorang instruktur pendidikan YMCA (Young Men’s Christian Assosiation) jasmani bernama Willian G Morgan.


Olahraga ini ditemukan pada tanggal 9 Februari 1895 di Holyoke, Massachussets (Amerika Serikat). Pada awalnya, olahraga ini diciptakan khusus untuk anggota YMCA yang sudah tidak berusiah muda lagi.

Pada awal ditemukan, olahraga ini bernama Mintonette, barulah pada tahun 1896 berubah nama menjadi volleyball, bersamaan dengan demonstrasi permainan ini di depan petinggi YMCA saat itu pada tahun 1896. 

Saat deomnstrasi permainan tersebut, Willian G Morgan juga menjelaskan bahwa olahraga ini cukup fleksibel karena bisa dimainkan di dalam ruangan (indoor) maupun di luar lapangan (outdoor) dengan sangat bebas. Saat itu juga belum ditentukan batas maksimal jumlah pemain dalam satu tim.

Cara Bermain

Untuk memainkan olahraga bola voli ini cukup mudah, cukup memainkan bola dengan menggunakan tangan dan berusaha agar bola tersebut tidak bisa dikembalikan lagi oleh lawan. 
Dalam sebuah tim voli, terdapat empat peran penting pemain yang harus dijalankan dengan baik, yaitu, tosser, spiker, libero dan defender. Semua peran tersebut harus bekerja sama dengan baik untuk memenangkan pertandingan.


Berikut adalah beberapa penjelasan mengenai beberapa peran tersebut:

  • Tosser atau yang biasa disebut juga dengan pengumpan berdiri dekat net untuk memudahkannya memberikan umpan kepada pemain yang berperan sebagai tukang smash (smasher/spiker). Tosser yang baik dituntut untuk bisa berfikir cepat dan harus bisa mengatur irama permainan tim.
  • Smasher atau spiker merupakan peran yang amat vital, orang yang melaksanakan tugas ini harus memiliki tubuh yang tinggi dan lompatan yang kuat guna menghasilkan smash yang keras dan akurat.
  • Libero adalah pemain yang diberikan keleluasaan untuk bergerak di dalam lapangan, namun tidak melakukan smash.

Defender sudah pasti bisa ditebak mengenai peran apa yang dijalankannya, ya tugas dari defender ini adalah orang yang menerima dan bertahan dari serangan lawan, orang yang menjalankan peran ini harus memiliki teknik penguasaan bola yang baik agar lawan tidak mudah mencetak skor.
Kedua tim yang bertanding akan berlomba mencapai angka 25 untuk memenangkan set (babak), jumlah maksimal set (babak) yang harus dimenangkan adalah 3 set dari 5 jumlah 5 set maksimal.

Aturan Permainan 


  1. Untuk memperoleh poin maka bola harus dimasukkan ke daerah permainan lawan.
  2. Servis yang dilakukan harus menyeberang ke daerah permainan lawan melewati net, apabila gagal maka  lawan akan memperoleh poin.
  3. Tidak diperbolehkan menyentuh net, apabila hal itu terjadi maka tim lawan akan memperoleh nilai.

Sarana dan Prasarana Bola Voli

Untuk memainkan olahraga ini, maka sarana dan prasarana yang dibutuhkan adalah:

1. Lapangan

Lapangan bola voli harus rata dan berbentuk persegi panjang dengan ukuran:

  • Panjang lapangan: 18 meter
  • Lebar lapangan: 9 meter
  • Jarak garis serang dari garis tengah (net): 3 meter
  • Tepi lapangan: 5 meter

Lapangan voli biasanya terbuat dari lantai khusus yang tidak licin, bisa juga dari bahan beton dan bahkan kalau kita lihat di desa-desa lapangan biasa dari tanah sederhana maupun rumput.

2. Net

Net merupakan bagian dari lapangan yang harus ada, net inilah yang akan membatasi dua tim yang sedang bertanding. Untuk ukurannya dapat dilihat data berikut ini:

  • Tinggi net Putra: 2,43 meter
  • Tinggi net Putri: 2,24 meter

3. Bola

Bola yang digunakan dalam bola voli harus memiliki kriteria berikut ini:

  • Berat bola: 260-280 gram.
  • Lingkaran bola: 65-67 cm.
  • Tekanan bola harus: 0.30-0.325 kg/cm.


Itulah informasi mengenai pengertian bola voli, semoga bisa memberikan manfaat bagi teman-temanku sekali. Terima kasih dan salam olahraga.

Pengertian Bola Voli Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ikbal H

0 komentar:

Post a Comment