Penjaskesrek

Blog ini Berisi Informasi Seputar Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan yang Cocok untuk Semua Kalangan.

Peralatan Tenis Meja Lengkap

Terdapat 4 peralatan yang dibutuhkan untuk bermain tenis meja yaitu meja, bola, net, dan bet. Bet sendiri sebenarnya terdiri dari 2 bagian bet itu sendiri dan lapisannya. Sebagai tambahan, pemain harus memilih pakaian yang tepat untu bermain dan beberapa asesoris tenis meja yang ada pelengket, ikat kepala dan pergelangan tangan, pengukur net, tempat menyimpan bet dan tas peralatan, dan timbangan bet.
Tenis Meja

Peralatan Tenis Meja

1. Meja

Meja berukuran 1,525x2,274 cm dengan permukaan setinggi 76 cm dari lantai. Biasanya berwarna gelap, hijau gelap, dengan garis putih di pinggir sebesar 5 cm. Selain itu juga terdapat garis putih sebesar 3 cm di tengah meja yang hanya digunakan pada pertandingan ganda. (garis ini tidak berlaku pada permainan tunggal).

Baca Juga: Cara Melakukan Sepak Sila Dalam Sepaktakraw

Cara bola memantul di atas meja harus memenuhi syarat. Pantulan bet harus sama, baik di pinggir meja ataupun di tengah di setiap meja yang resmi. (Apabila bol dijatuhkan dari ketinggian 30 cm, bola yang memenuhi standar harus memantul setinggi 20-25 cm). Pemain tidak akan mampu untuk mengembangkan permainan yang tepat pada meja yang pantulannya berbeda-beda. Apabila mungkin, gunakan meja yang telah disetujui USTTA dan ITTF.

Terdapat bermacam-macam meja, mulai dari meja lama yang terdapat celah di tengahnya dan pantulan bola yang tahan terhadap gravitasi hingga meja meja yang berharga ribuan dollar yang dirancang secara ilmiah.

Anda membutuhkan ruangan untuk bermain. Lapangan tempat bermain harus berukuran sedikitnya 6x12 meter, tapi anda mungkin harus mempertimbangkan ukuran ini tergantung pada ukuran fasilitas anda. Untuk pemula, tidak membutuhkan ruangan sebesar pemain kelas atas. Apabila mungkin, atap ruangan harus sedikitnya 3,70 meter atau lebih tinggi lagi, tapi ini tidak perlu untuk pemula. (anda tidak dapat melakukan pukulan lob dalam ruangan yang beratap rendah, tapi lobing memang pukulan yang hanya dikuasai oleh pemain kelas atas.

Latar harus gelap, agar bola (yang biasanya berwarna putih atau jingga) dapat terlihat dengan jelas. Pastikan tidak ada cahaya yang menyilaukan. Tenis meja adalah olahraga yang berorientasi pada pandangan, dan latar yang putih atau cahaya yang menyilaukan jendela dapat mempengaruhi pandangan.

Lantai tidak boleh licin. Kebanyakan pemain terkenal menganggap lantai kayu (atau yang menyerupai) adalah yang terbaik, karena bermain di atas lantai yang keras dapat menyakiti kaki pemain.

2. Net

Net berukuran tinggi 15 cm dan melintang di tengah meja. Apabila tinggi net tidak tepat, anda tidak akan dapat memperkerikan lintasan bola yang tepat. Bila anda bermain dengan net yang terlalu rendah, anda akan mempunyai kebiasaan memukul bola terlalu rendh, dan bila anda bermain dengan net yang sesuai dengan peraturan, pukula anda akan selalu tersangkut di net. Apabila anda bermain dengan net yang terlalu tinggi, anda aka memukul bola terlalu tinggi bila bermain dengan net yangs sesuai dengan peraturan. Tidak ada yang lebih mengganggu dari pada net yang sering jatuh atau longgar di tengahnya. Pastikan net dipasang dengan ketat dan kokoh.

Baca Juga: Pengertian Kekuatan Dalam Olahraga

3. Bola 

Bola biasanya berwarna putih, tapi ada juga yang berwarna orange. Harga bola bervariasi, mulai yang murah seharga Rp.2000 yang sering pecah bila dipukul hingga yang berkualitas 3 bintang yang harganya hampir Rp.10.000 setiap bola. Bola yang dibuat sembarangan cenderung berat sebelah, bila dimainkan dalam permainan, bola tidak hanya mudah pecah, tapi juga pantulannya tidak sesuai. Anda mungkin harus menggunakan bola yang mahal. Bola ini memantul lebih baik dan tahan lama. Bola biasanya ditandai dengan 1,2,3 bintang. Pilihlah bola yang berbintang 3. Apabila tidak berbintang jangan digunakan.

4. Bet

Terdapat 2 tahap dalam memilih bet. Pertama, anda harus memilih bet itu sendiri (bet yang tidak dilapisi). Kemudian anda harus memilih lapisan untuk menutupi permukaan bet. Anda pasti akan memilih bet yang tepat dan dapat digunakan sesuai dengan tipe permainan anda. Bisang bet terbuat dari kayu, walaupun bahan dari serat karbon atau bahan berserabut yang sama juga dapat digunakan. Kebanyakan pemain turnamen menggunakan kayu datar tapi beberapa pemain juga menggunakan bet mahal (lebih dari $100) yang terbuat dari serat karbon yang memberikan pantulan lebih rata di bagian bet yang berbeda pukulan yang lebih manis. Beberapa pemain mengeluh bahwa bet karbon hanya sedikit “disentuh” hingga bet itu menjadi kurang terkenal jika dibandingkan dengan bet kayu yang umum digunakan.

Bet Tenis Meja

Saat anda menyeleksi bet, anda harus mempertimbangkan cara memegang, tipe permainan, harga dan yang terasa enak dipakai tentunya. Apabila anda menggunakan pegangan dengan cara penhold, maka pastikan bahwa anda mendapatkan bet penhold.

Baca Juga: Ukuran Lapangan Bola Voli Resmi

Para pemula berfikir, bahwa menggunakan bet yang dapat memukul bola dengan cepat akan kelihatan karena terlalu hebat. Pendapat ini salah. Bet yang kecepatan pukulannya sedang akan memungkinkan anda untuk mengontrol bola dan mengembangkan pukulan anda lebih efektif lagi. Bila anda telah mahir, anda mungkin menginginkan bet yang dapat memukul dengan lebih cepat bila anda ingin menggunakan bet tipe menyerang. Apabila anda menggunakan bet tipe bertahan, anda mungkin ingin menggunakan bet yang pukulannya lebih lambat. Kecepatan pada kebanyakan bet tenis meja biasanya ditandai pada kemasannya, mulai dari “lambat” hingga “sangat cepat”. Faktor penentu yang paling utama saat memilih bet (selain harga) adalah “rasa”. Apabila anda meras abet itu sesuai, itu mungkin bet yang paling baik untuk anda.

Pelapis Bet

Pelapis bet lebih penting dari bet itu sendiri. Terdapat 5 tipe dasar: iverted (terbalik), pips out, hard rubber, long pips dan anti spin, (kertas pasir dan kayu rata kadang-kadang digunakan, tapi bahan ini tidak resmi dan sebaiknya tidak digunakan. Bahan ini menjadi tidak resmi karena dapat merusak bola.

Semua pelapis bet, menggunakan selembar getah karet yang berbintik-bintik dilapisi dengan biji-biji yang berbentuk kerucut. Biji-biji itu membantu menangkap bola dan menambahkan spin pada bola itu.

Pastikan untuk menggunakan beberapa jenis pelapis yang terbuat dan karet dan karet spons. Bet spon dilapisi dengan selapis spons yang tipis, dengan permukaan karet yang berbintik-bintik. Biasanya terdapat 3 tipe permukaan , dua diantaranya menggunakan spons.
  • Spons Inverted Selembar getah karet yang berbintik-bintik dipasangkan terbalik. Biji-bijinya mengarah ke dalam, menghadap bet ini membuat permukaan bet menjadi halus. Pada beberapa tipe spons inverted, permukaan menjadi lengket, yang membantu pemain saat melakukan spin tapi menyebabkan bola kehilangan kontrol. Permukaan yang lengket paling sesuai untuk spin, sedangkan permukaan yang kurang lengket sesuai untuk permainan all round. Disarankan untuk para pemain pemula menggunakan bet yang permukaan tidak begitu lengket.
  • Spons pips-out Pada bet ini, biji-biji mengarah ke luar. Tipe permukaan seperti ini paling sesuai untuk melakukan smash tapi tidak begitu sesuai untuk melakukan spins atau permainan all round. Anda tidak dapat melakukan spin dengan baik bila menggunakan bet dengan permukaan seperti ini, tapi anda memiliki kontrol yang lebih menghadapi spin.3. Hard Rubber 
  • Hard rubber adalah selembar getah karet yang berbintik-bintik, biji-bijinya mengarah ke luar, tanpa lapisan spons di bawahnya. Sebelum bet yang berlapis spons digunakan pada tahun 1950-an, tipe ini adalah permukaan bet yang paling terkenal. Pemain yang menggunakan bet dengan lapisan spons dapat menjaga bola dalam permainan dengan kecepatan yang lebih cepat dan bet hard rubber dan dapat menyerang dengan lebih efektif. Pemain yang menggunakan hard rubber mempunyai beberapa kerugian saat menghadapi pemain yang menggunakan bet yang berlapiskan spons, jadi disarankan untuk menggunakan jenis permukaan bet yang sama.
Tipe permukaan bet yang lainnya, hanya kadang-kadang digunakan: “anti spin rubber” dan “long pips”. Permukaan bet ini berbeda karakter bermainnya dan permukaan bet lainnya dan untuk tipe permainan yang khusus, permukaan bet ini lebih dapat bertahan.

Baca Juga: Cara Melakukan Gerakan Tipu Dalam Sepakbola

5. Speed Glue

Kebanyakan pemain terkenal sekarang menggunakan sejenis speed glue yang membuta permukaan bet dapat memukul bola lebih cepat dan membuat bola lebih berputar, glue ini harus dilekatkan sebelum setiap sesion permainan karena pengaruhnya akan berkurang setelah beberapa jam. Glue ini menambahkan pengaruh jepretan saat memukul bola. Pengaruhnya hanya bertahan hingga glue mengeras, dengan waktu kira-kira 3 hingga 10 jam, tergantung pada tipe dan jumlah yang digunakan.

Spons Bet Tenis Meja

Speed glue khususnya sangat berguna bagi pemain yang menyerang dengan pukulan topspin. Speed glue lebih tepat disebut dengan spin glue karena benar-benar dapat menambahkan putaran dari pada kecepatan. Pemain yang mencoba menggunakan speed glue untuk pertama kalinya, biasanya kesulitan mengontrol pukulannya, tapi mereka dengan cepat akan menyesuaikan diri. Walaupun speed glue memang menambahkan tenaga pada permainan anda, tapi mengurangi kontrol anda. Speed glue tidak disarankan hingga pemain mencapai paling tidak kelas menengah.

6. Sepatu dan pakaian

Anda harus menggunakan sepatu atletik dengan sol yang terbuat dari karet berikut kaos kakinya. Jangan gunakan  sepatu untuk berlari, karena sepatu ini tidak dirancang untuk gerakan ke samping secara tiba-tiba yang diperlukan dalam tenis meja, dan sepatu jenis ini dapat membuat pergelangan kaki terkilir. Terdapat sepatu yang dibuat khusus untuk tenis meja, tapi itu tidak begitu penting sampai anda mencapai kelas yang lebih tinggi. Sepatu bola voli paling cocok untuk digunakan dalam tenis meja.

Celana dan baju yang berwarna kuat atau tidak berwarna putih melengkapi perlengkapan tenis meja anda. Pakaian yang berwarna putih tidak diperbolehkan karena lawan tidak bisa melihat bola. Selain itu pakaian berwarna orange juga tidak diperbolehkan bila bola yang digunakan berwarna sama.
Asesoris lainnya.

Baca Juga: Macam-macam Servis Dalam Bulutangkis

Terdapat sejumlah peralatan lainnya yang mungkin dapat anda gunakan. Di bawah ini terdapat daftar singkat peralatan tambahan:
  1. Pengikat kepala
  2. Pengukur net
  3. Tempat menyimpan bet
  4. Bet cadangan
  5. Tas perlengkapan

Perawatan Peralatan Anda

Peralatan tenis meja hanya membutuhkan sedikit perawatan. Tapi, bila anda menggunakan spons inverted, anda harus membersihkan permukaan bet. Terdapat pembersih karet khusus yang dijual di pasar yang dapat membersihkan dengan baik sekali, tapi bila terlalu sering digunakan dapat merusak gerah karet. Sebaiknya permukaan bet spons inverted dibersihkan dengan air bersih dan handuk. Gunakan pembersih karet hanya pada turnamen-turnamen.

Semua spons bet tenis meja dapat rusak. Bulatan-bulatan kecil di spons pecah dan menyebabkan spons mati dan harus diganti. Semakin tinggi tingkat permainan, semakin sering spons harus diganti.
Permukaan spons inverted juga dapat dirusak, biasanya sebelum spons itu sendiri rusak. Apabila anda suka menggunakan bola putar, anda tidak boleh menggunakan permukaan bet yang telah tua, yang tidak lagi berfungsi dengan baik.

Baca Juga: Sarana dan Prasarana Olahraga Renang

Permukaan spons dilengketkan ke bet dan dipotong. Terdapat perekat khusus yang digunakan untuk melengketkan bet, tapi anda juga dapat menggunakan karet pelengket. 
Anda perlu mengetahui bagaimana cara untuk meletakkan selembar spons yang baru. Caranya sebagai berikut:
  1. Berikan lem pada kedua sisi spons, kemudian biarkan sampai mengering agar tidak muncul gelembung saat memasang spons.
  2. Hati-hatilah ketika meletakkan spons dengan bet, mulailah melengketkan spons dari satu ujung kemudian digulirkan ke ujung lainnya.
  3. Periksalah permukaannya dari gelembung. Apabila ada, tekan permukaan itu agar mendatar dengan roll atau jari anda.
  4. Lapisi dengan kertas satu lembar, kemudian beri tumpukan buku diatasnya.
  5. Pindahkan buku itu dan potong bagian spons yang melebihi bidang bet dengan gunting atau silet.
  6. Selamat bermain.
Itulah informasi seputar perlengkapan tenis meja, semoga bisa menambah pengetahuan kita semua. Terima kasih.

Peralatan Tenis Meja Lengkap Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ikbal H

0 komentar:

Post a Comment