Penjaskesrek

Blog ini Berisi Informasi Seputar Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan yang Cocok untuk Semua Kalangan.

Teknik Blok Dalam Tenis Meja yang Benar

Blok adalah cara paling sederhana untuk mengembalikan pukulan yang keras, blok lebih sederhana dari pukulan, untuk itu kebanyakan pelatih mengajarkan blok terlebih dahulu dari pada pukulan. Blok harus digunakan apabila pukulan lawan yang keras membuat pukulan balas bersiko tinggi. Ingatlah bahwa pukulan adalah pengembalian bola yang agresif, sedangkan blok merupakan pertahanan dalam menghadapi pukulan yang keras.

Blok Tenis Meja

Blok dapat dilakukan baik dengan forehand maupun backhand. Cara memukulnya hampir sama dengan pukulan biasa, hanya saja tidak melakukan backswing dan bagian akhirnya hanya sedikit. Demikian juga tidak ada perpindahan berat badan. Anda hanya memegang bet dengan cara yang sama untuk memukul bola keras. Bila sudut bet dan kontak yang dilakukan tepat, bola akan kembali kepada lawan dalam keadaan rendah dan cepat.

Baca Juga: Cara Melakukan Sepak Sila Dalam Sepaktakraw

Perbedaan lain antara blok dan pukulan adalah anda harus memukul bola lebih awal pada blok. Pukul bola sesaat setelah bola memantul. Blok merupakan cara yang sangat efektif untuk mengembalikan pukulan lawan secepat mungkin sehingga lawan tidak mempunyai kesempatan untuk melanjutkan serangan.

Mengapa Blok Itu Penting?

Bila mungkin, anda pasti akan menggunakan pukulan agresif dalam permainan tenis meja (kecuali bila anda seorang pemain dengan tiper bertahan). Tapi, bahkan seorang pemain dengan tipe menyerang pun sering dipaksa untuk menghadapi serangan lawan dan bila lawan anda melakukan serangan yang keras, anda tidak akan mampu untuk menyerang balas. Anda harus memblok bola yang datang dan anda tidak mempunyai waktu untuk melakukan hal lainnya.

Ini tidak berarti anda dalam kesulitan. Blok yang cepat dan diarahkan dengan benar akan memberikan poin pada anda. Contohnya, bila seorang pemain melakukan pukulan forehand dari sisi backhand meja, blok yang cepat ke arah sisi forehandnya sering memberikan poin pada lawan. Pada umumnya, tujuan blok adalah untuk mengembalikan bola dengan cepat dan terarah sehingga lawan tidak sempat bereaksi atau bergerak untuk melanjutkan serangan.

Baca Juga: Ciri Kolam Renang yang Baik dan Sehat

Cara Melakukan Blok

Lakukan posisi siap, jangan meraih bola kecuali terpaksa. Backswing tidak dilakukan. Anda harus memegang bet pada posisi yang tepat sehingga bola yang datang akan memukul bet itu. Agar blok berhasil dengan baik, gunakan kecepatan dan spin bola dari lawan untuk menghilangkan bola. Kontak harus dilakukan segera setelah bola memantul, kecepatan adalah faktor penting, karena anda tidak boleh memberikan waktu pada lawan untuk melakukan pukulan yang keras lagi.

Pegang bet dengan pegangan yang santai dan biarkan bola memantul dari bidang bet, biasanya dengan topspin ringan. Cobalah untuk memukul bola tepat tepat di tengah bet. Saat kontak, gerakan bet sedikit ke depan untuk bola yang cepat, dan lebih depan lagi untuk bola yang lambat. Kontak harus terjadi di bagian belakang bola atau sedikit ke atas. Semakin cepat anda memukul bola setelah memantul, semakin sedikit anda menutup bet untuk menghadapi topspin, pastikan bet dalam keadaan tertutup.

Bagian akhir gerakan harus singkat. Anda hanya menggerakkan bet ke arah depan secara alami. Kemudian kembali ke posisi siap. Saat melakukan blok, anda tidak mempunyai waktu untuk melakukan footwork step. Sebalinya, melangkahlah langsung ke arah bola dengan kaki yang paling dekat dengan bola.

Baca Juga: Macam-macam Zat Dalam Makanan Beserta Fungisnya

Salah satu variasi umum dari blok adalah chop blok. Chop blok sama dengan blok yang biasa, kecuali saat terjadi kontak anda memukul bola ke arah bawah untuk menimbulkan backspin pada bola. Chop blok merupakan pukulan yang lunak, jadi anda harus memukul bola dengan perlahan. Chop blok merupakan pukulan yang lunak, jadi anda harus memukul bola dengan perlahan. Chop blok digunakan untuk mengubah kecepatan rally dan untuk mengembalikan servis topspin.

Kesalahan Saat Melakukan Blok dan Perbaikannya

Blok merupakan pukulan yang sederhana. Dengan mengikuti cara-cara melakukan blok yang benar dan memperhatikan kesalahan-kesalahan berikut ini, maka teknik anda akan meningkat setelah ini, hanya merupakan masalah ketepatan, refleks, sudut bet, kontak yang sempurna.

Kesalahan

  1. Bola tersangkut di net atau di luar.
  2. Anda memukul bola terlalu lambat sehingga lawan memiliki waktu untuk merencanakan pukulan berikutnya.
  3. Keseimbangan hilang.
  4. Pukulan anda tidak tetap sehingga keluar dari meja atau menyangkut di net.

Perbaikan

  1. Bacalah spin dan sesuaikan sudut bet anda.
  2. Tetaplah dekat pada meja dan bergeraklah ke arah bola, jangan menunggu bola datang ke arah anda.
  3. Bergeraklah ke arah bola, jangan menjangkau bola.
  4. Perhatikanlah bola, dan biarkan bola memantul di bagian tengah bet. Genggamlah bet dengan pegangan yang santai dan kontak bola di bagian tengah bet sehingga bola langsung masuk ke dalam spons dan memantul kembali.
Baca Juga: Teknik Belaan Dalam Pencak Silat

Latihan Bloking

1. Blok dengan Forehand dan Backhand

Mintalah teman latihan anda untuk menyerang dengan menggunakan baik forehand maupun backhand ke arah backhand anda. Lawan anda harus memukul relatif keras tapi bukan smash. Blok pukulan tersebut dengan pukulan tersebut dengan backhand. Cobalah untuk bola secepat mungkin setelah bola memantul. Kemudian lakukan hal yang sama dengan menggunakan blok forehand. Latihan ini sama dengan tipe rally yang akan anda hadapi dalam pertandingan, dimana seorang pemain melakukan serangan sedangkan pemain lainnya bertahan dengan blok.

2. Blok dari Sisi ke Sisi

Lakukan blok ke arah sisi forehand dan backhand dengan menggunakan backhand, ke arah kanan dan kiri meja. Teman latihan anda membalas serangan ke arah backhand dengan menggunakan forehand atau backhand. Anda juga dapat melakukan latihan ini dengan blok forehand. Tetapi anda tidak perlu membiasakan blok dengan forehand terlalu sering karena lebih baik melakukan pukulan yang lebih agresif pada sisi forehand.

3. Bloking Gabungan

Mintalah teman latihan anda untuk melakukan serangan ke segala arah. Kembalikan setiap pukulan dengan menggunakan blok forehand atau backhand. Pada latihan ini anda mempelajari transisi antara pukulan forehand dan backhand. Pada bola yang dipukul ke arah tengah, anda harus menentukan sisi mana yang harus digunakan, tapi biasanya, apabila dekat dengan meja, gunakan backhand anda untuk menghadapi pukulan kuat ke arah tengah.

Baca Juga: Macam-macam Servis Dalam Bulutangkis

4. Menggunakan Blok untuk Menghadapi Serangan Forehand

Mainkan permainan hingga 11 poin dengan peraturan ini. Teman latihan anda melakukan servis topspin ke arah sisi forehand anda. Anda memblok. Lawan anda kemudian menyerang dengan pukulan forehand ke arah forehand anda. Ia akan memukul dengan keras, bahkan melakukan smash, bila anda memblok bola kembali. Kemudian mainkan permainan dimana teman anda melakukan pukulan forehand dari sudut backhand ke arah bakchand, juga memulai dengan servis topspin. Simulasi ini merupakan kemungkinan tipe rally yang sering terjadi dalam tenis meja di mana seorang pemain menyerang dengan forehand sedangkan pemain lainnya melakukan blok.

5. Menggunakan Pukulan Forehand Menghadapi Blok

Ulangi permainan sebelumnya, dengan pengecualian anda yang melakukan pukulan forehand sedangkan lawan memblok.

6. Blok Cepat

Lakukan blok backhand yang cepat ke arah backhand sebanyak mungkin. Berkonsentrasilah untuk melakukan blok secepat mungkin setelah bola memantul. Kemudian lakukan hal yang sama dengan menggunakan forehand. Latihan ini mengajarkan anda untuk melakukan blok dengan cepat untuk menghadapi lawan yang lambat.

7. Latihan Memukul ke Tengah

Teman latihan anda melakukan pukulan atau backhand berulang-ulang ke bagian tengah. (lawan anda harus mengarahkan bola pada siku tangan yang memegang  bet). Anda harus memilih waktu yang tepat untuk melakukan blok dengan forehand atau backhand. Bloklah setiap bola dengan mengarahkannya ke bagian yang sama pada lawan anda.

8. Latihan Keras-Lembut

Lakukan pukulan forehand ke arah blok forehand atau backhand lawan dengan pukulan keras dan lembut berganti-ganti. Kemudian ulangi latihan dengan backhand. Dalam latihan ini anda mempelajari cara menyesuaikan diri dengan kecepatan blok yang berbeda-beda saat rally.

9. Permainan dengan Pukulan Forehand

Mainkan permainan dengan peraturan sebagai berikut. Pemain pertama melakukan servis backspin ke arah sisi backhand pemain kedua. Pemain kedua melakukan pukulan push ke sisi backhand pemain pertama. Pemain pertama menggunakan footwork two step dan melangkah di sekitar sudut backhand, menyerang push dengan pukulan forehand ke arah backhand pemain ke dua. Pemain kedua melakukan blok backhand dengan cepat ke arah sisi forehand pemain pertama. Pemain pertama menggunakan footwork two step untuk menutupi sisi forehand yang paling jauh dengan pukulan forehand atau smash. Lakukan permainan hingga 11 poin.

Baca Juga: Cara Melakukan Gerak Tipu Dalam Sepakbola

Itulah infromasi seputar cara melakukan blok dalam tenis meja yang baik dan benar, semoga bisa memberikan kita semua tambahan informasi mengenai permainan tenis meja. Selamat mencoba dan terima kasih.

Teknik Blok Dalam Tenis Meja yang Benar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ikbal H

1 komentar:

  1. terimaksih atas pengetahuan yang ada bagikan, ini sangant berguna bagi orang-orang di luar sana

    ReplyDelete