Penjaskesrek

Blog ini Berisi Informasi Seputar Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan yang Cocok untuk Semua Kalangan.

Ukuran Lapangan Bola Voli Resmi

Bola voli merupakan salah satu olahraga yang cukup populer dan disukai oleh masyarakat Indonesia, untuk memainkan olahraga ini tidak dibutuhkan lapangan yang luas dan juga tenaga yang banyak, olahraga ini pada awal sejarahnya memang  diperuntukkan bagi orang-orang yang sudah lanjut usia, namun seiring dengan semakin berkembangnya olahraga ini maka terjadi pula pergeseran cara bermain sehingga sekarang olahraga ini bisa dimainkan tanpa memandang usia dan juga jenis kelamin.

Dalam permainan bola voli, salah satu hal yang wajib ada adalah lapangan bola voli. Untuk mengetahui lebih banyak mengenai lapangan bola voli, maka berikut ini kami berikan ulasan mengenai ukuran lapangn bola voli beserta beberapa penjelasan pendukung.

Baca Juga: Peraturan Pertandingan Pencak Silat

Ukuran Lapangan Bola Voli

Lapangan untuk memainkan bola voli memiliki bentuk persegi panjang, dan seiring dengan semakin populernya olahraga ini maka dibuatlah ukuran lapangan yang tetap untuk menyeragamkan ukuran lapangan bola voli yang ada.


Standar ukuran panjang lapangan bola voli adalah 18 meter, sedangkan ukuran lebarnya adalah 9 meter. Lapangan voli dibatasi oleh dua buah tiang tempat mengikat net yang terletak pada bagian tengah dan membatasi dua area permainan . Net tersebut dipasang pada ketinggian 2,43 untuk putra meter atau 2,24 meter untuk putri. Meskipun demikian, pada kompetisi-kompetisi kelas yunior maupun veteran biasanya tinggi net bervariasi. Untuk kompetisi kelas tersebut, tinggi net biasanya dapat disesuaikan kembali.

Pada setiap ujung atas tiang biasanya dipasang sebuah antena. Antena ini akan menjadi pembatas gerakan bola yang menyamping atau melebar. Net yang memiliki lebar satu meter tersebut dipasang melebar di tengah lapangan.

Baca Juga: Teknik Blok Dalam Sepak Takraw

dalam lapangan voli terdapat garis yang berjarak 3 meter dari net, garis ini disebut sebagai garis serang. Garis 3 meter tersebut kemudian membagi lapangan menjadi dua bagian, yaitu barisan belakang (back row), dan barisan depan (front row). Kemudian, pada masing-masing bagian itu (back row dan front row).

Garis pinggir dan garis belakang merupakan pembatas bidang permainan. Garis-garis penting lainnya adalah sebagai berikut:
  • Garis tengah yang membagi lapangan menjadi dua bagian yang sama, terkadang disebut dengan daerah tim.
  • Garis serang yang sejajar dengan garis tengah dan berjarak 3 meter dari garis tengah.
  • Daerah servis pada lapangan voli terdapat pada bagian belakang luar lapangan sebelah kanan. Apabila daerah yang diperlukan ini tidak ada, seorang pemain yang hendak melakukan servis diperkenankan untuk melakukannya di dalam bidang pertandingan sampai pada jarak yang diperlukannya.
Setelah teman-teman mengenal lapangan bola voli, sekarang kalian akan mengetahui fungsi garis pada lapangan tersebut. Sebagaimana gambar berikut ini:

Lapangan Bola Voli

Dalam lapangan bola voli dikenal istilah garis “3 meter” dari net. Garis tersebut berfungsi sebagai batas wilayah penyerangan (attack line). Garis 3 meter tersebut kemudian membagi lapangan menjadi dua bagian, yaitu barisan belakang (back row), dan barisan depan (front row). Kemudian pada masing-masing area tersebut terdapat posisi para pemain voli di lapangan. Pada masing-masing bagian, terdapat sebuah garis yang terletak di depan net. Garis tersebut dinamakan garis serang. Fungsi garis serang tersebut adalah pembatas bagi orang (pemain) belakang untuk melakukan serangan dengan posisi tangan melewati net (biasanya sambil melompat).
Yang dimaksud dengan serangan bukan berarti sebuah spike atau smash. Serangan dalam bola voli adalah segala macam upaya untuk menyeberangkan bola ke daerah permainan lawan. Intinya, apabila pemain belakang hendak melakukan serangan, yang bersangkutan harus berada dibelakang garis serang.

Kembali teman-teman lihat gambar, dalam satu tim, enam orang pemain harus menempati posisi yang sudah ditetapkan sesuai dengan nomornya, yakni posisi 1 s/d 6. Posisi ini akan bergeser (berotasi) setiap terjadi perpindahan tim yang melakukan serve. Posisi yang dimaksud adalah posisi saat sebelum serve. Setelah serve dilakukan, pemain bebas mengambil posisi di lapangan selam tidak melewati net.

Perlu teman-teman perhatikan bahwa meskipun posisi di lapangan setelah serve dilakukan adalah bebas, posisi yang ditempati saat sebelum serve tidak dapat diubah. Misalnya, pemain dengan posisi 1 (yang melakukan serve) meskipun setelah serve dia bermain di bagian dengan lapangan, dia tetap tercatat sebagai pemain dengan posisi 1 sampai terjadi rotasi.

Posisi 1, posisi 5, dan posisi 6 inilah yang umumnya disebut sebagai orang belakang (pemain belakang). Sebaliknya posisi 2, posisi 3 dan posisi 4 adalah orang depan (pemain depan). Yang membedakan kedua posisi depan dan belakang ini adalah hak mereka untuk melakukan serangan. Orang-orang belakang dalam melakukan serangan dibatasi oleh garis serang, sebaliknya orang-orang depan tidak terbatas oleh garis serang.

Baca Juga: 9+ Faktor yang Mempengaruhi Kebugaran Jasmani

Intinya, apabila melakukan serangan dengan posisi melewati garis serang, posisi tangan orang-orang belakang tidak boleh lebih tinggi dari net (bukan tidak boleh melompat). Apabila hal ini dilanggar, pihak lawan akan mendapatkan angka. Perlu diketahu juga bahwa di sisi luar lapangan di sebelah garis serang juga terdapat garis putus-putus. Artinya, garis tersebut berlaku tidak terbatas. Garis putus-putus ini dibuat untuk menangkap pemain-pemain nakal (yang berlaku curang) yang mengakali garis serang dengan memutar lewat sisi luar lapangan.

Itulah informasi seputar ukuran lapangan bola voli, semoga bisa memberikan tambahan pengetahuna kepada kita semua. Terima kasi

Ukuran Lapangan Bola Voli Resmi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ikbal H

0 komentar:

Post a Comment