Penjaskesrek

Blog ini Berisi Informasi Seputar Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan yang Cocok untuk Semua Kalangan.

Batas Asam Urat Normal Bagi Tubuh

Salah satu kesalahan kita dalam melihat asam urat adalah anggapan mengenai bahwa asam urat itu adalah penyakit. Asam urat baru bisa menjadi penyakit ketika jumlahnya diatas batas normal/wajar. Lalu mucul sebuah pertanyaan? Berapakah asam urat normal itu?

Asam urat itu bagian penting dari tubuh, yaitu semacam senyawa alami yang diproduksi sendiri oleh tubuh. Selama kita semua bisa menjaga asam urat normal dalam tubuh maka tidak akan terjadi rematik asam urat atau istilah keren dikenal dengan nama gout.

Asam Urat

Bagaimana asam urat bisa terbentuk? Asam urat terbentuk dari hasil pemprosesan purin dalam tubuh yang diperoleh dari makanan dan minuman yang kita konsumsi. Zat purin ini diperoleh dari jenis-jenis makanan tertentu seperti, daging merah, bayam, minuman berkarbonat dll.

Zat purin yang diperoleh dari makanan tersebut kemudian dibawah oleh darah ke organ ginjal untuk kemudian dilakukan proses filtrasi (penyaringan), setelah itu zat purin yang tidak dibutuhkan oleh tubuh akan dibuang secara otomatis melalui urine (air seni).


Apabila tubuh memperoleh banyak zat purin dan tidak bisa diproses dengan baik oleh ginjal, maka zat purin tersebut akan berada dalam tubuh dan mengundang apa yang disebut dengan peradangan sendi, peradangan ini terjadi karena menumpuknya kristal-kristal pada persendian tubuh.

Lantas seperti apa cara mengetahui asam urat dalam tubuh? Untuk mengetahu semua itu maka perlu untuk dilakukan pemeriksaan asam urat, baik pemeriksaan dalam darah ataupun urine (air seni).

Asam Urat Normal

Tes urine atau darah penting untuk dilakukan secara rutin untuk mencegah dan mendeteksi dini penyakit asam urat, akibat tingginya kadar purin dalam tubuh. Untuk melakukan tes ini memang dibutuhkan alat khusus dan juga tenaga medis yang memiliki kapasitas di bidangnya.

Hal ini dilakukan agar hasil yang diperoleh akurat dan tidak asal-asalan. Untuk  hasil tesnya sendiri dapat teman-teman peroleh tanpa menunggu lama.

Berikut ini adalah beberapa untuk melihat apakah asam urat normal atau tidak:
  • Perempuan: 2,4 mg/dL -6,0 mg/dL.
  • Laki-laki: 3,4 mg/dL -7,0 mg/dL.
  • Anak-anak: 2,0 mg/dL -5,5 mg/dL.
  • Wanita Lansia diatas 40 tahun: 2 mg/dL -8,5 mg/dL.
  • Pria lansia diatas 40 tahun: 2 mg/dL-8,5 mg/dL
  • Anak laki-laki rentan umur 10-18 tahun: 3,6 mg/mL-5,5 mg/dL
  • Anak Perempuan rentan umur 10-18 tahun: 3,6 mg/dL-4 mg/dL
Ketika terjadi peningkatan kadar asam urat secara signifikan dan melewati batas asam urat normal maka terjadilah yang namanya penumpukan kristal-kristal asam urat pada persendian. Hal ini yang menyebabkan terjadi yang nyeri yang luar bisa pada sendi yang mengalami asam urat apabila digerakkan atau disentuh.


Kristal-kristal asam urat yang menggerogoti persendian tubuh akan melukai bahkan mejadikan sendi tersebut tidak dapat digunakan lagi alias cacat. Perasaan seperti ditusuk jarum pada biasanya dirasakan penderita asam urat pada waktu malam hari dan juga saat pagi ketika bangun tidur.
Selain sakit pada persendian, asam urat berlebih dalam tubuh juga akan mengundang penyakit lainnya sehingga dapat mengakibatkan komplikasi.

Pemicu Asam Urat

1. Minuman Beralkohol (miras)

Minuman keras merupakan salah satu jenis minuman yang dapat menaikkan kadar asam urat normal anda. Mengapa demikian? Karena alkohol itu memiliki kandungan purin yang tinggi.
Selain itu, konsumsi alkohol yang berlebihan juga akan mengakibatkan terjadinya pengeluaran cairan yang berlebihan dalam tubuh sehingga dapat menaikkan kadar asam urat normal di dalam darah.

Apabila anda merasa berat untuk meninggalkan kebiasaan buruk ini, maka mulailah dengan membuat komitmen pada diri anda sendiri, karena komitmen yang kuat akan memudahkan anda mengatasi kecanduan pada minuman ini.

2. Stress

Di era serba modern ini seseorang gampang sekali terombang ambing arus kehidupan sehingga menjadi begitu gampang menderitas stress.

Pada saat seseorang mengalami stress maka metabolisme tubuh menjadi lambat sehingga dapat meningkatkan asam lambung dan juga asam urat.

Salah satu cara untuk mencegah dan mengurangi stress adalah dengan melakukan olahraga dan juga sesekali sisihkan sedikit waktu anda untuk berlibur.

3. Makanan Purin Tinggi

Ada beberapa jenis makanan yang mengandung kadar purin tinggi sehingga sangat tidak dianjurkan untuk dikonsumsi secara berlebihan, bahkan sebaiknya dihindari bagi anda yang sudah merasakan gejala asam urat.

Makanan tersebut seperti daging merah, daging putih seperti kulit ayam, jeroan (isi perut hewan), kerang laut, ikan sarden, dll. Kalaupun anda ngotot untuk mengonsumsinya karena merupakan makanan favorit anda, maka sebaiknya periksa kadar asam urat anda terlebih dahulu dan berkonsultasi ke dokter.

4. Malas Berolahraga

Sebagaimana yang telah teman-teman ketahui, bahwa olahraga merupakan salah satu cara untuk mengeluarkan toksin dalam tubuh dengan jalan yang menyenangkan. Olahraga harus dilakukan secara rutin dan berkelanjutan agar kadar asam urat normal dalam tubuh bisa terjaga.
Lakunkanlah aktvitas berolahraga minimal 3 kali dalam seminggu, agar supaya tubuh anda menjadi lebih sehat dan bugar serta terhindar dari strees akibat tekanan pekerjaan.

5. Merokok

Siapapun tahu bahaya merokok, bahkan perokok itu sendiri tahu akibat buruk dari aktivitas merokoknya. Nah mulai sekarang mulai matikan rokok anda ya guys.

Makanan Untuk Asam Urat

Ada beberapa makanan yang dinjurkan untuk dikonsumsi oleh penderita asam urat, yaitu makanan yang mengandung vitamin B5, C, E, zat kuersetin tinggi (semisal dalam apel) dan makanan yang dapat melancarkan buang air kecil seperti seledri, ketimun, semangka dan terong.

Teripang juga bermanfaat untuk memicu aktifnya enzim erikase yang dapat memecah asam urat menjadi allantoin (zat yang membantu pembentukan ulang struktur kulit yang luka). Dengan demikian, maka asam urat dalam tubuh tidak menumpuk dan menggerogoti persendian.
Selain itu, kandungan sulfat dalam teripang dapat mencegah pengoroposan sendi dan menjadikan sendi lebih kuat serta mencegah terjadinya peradangan.


Senyawa tersebut membantu memperbaiki dan membangun kembali tulang rawan, membantu membentuk sendi yang terkikis akibat kecelakaan. Di negara Australia dan New Zealand lebih menganjurkan penggunaan teripang ini untuk menyembuhkan radang sendi dibandingkan menggunakan obat-obatan kimia.

Kesimpulannya, faktor yang memicu naiknya kadar asam urat normal ada banyak sekali. Ada yang dinamakan faktor internal seperti genetik, ada pula faktor eksternal sebagaimana yang kami sebutkan diatas. Intinya gaya hidup sehat merupakan cara terbaik untuk mencegah serangan asam urat ini, selain itu periksakanlah diri anda dan keluarga secara rutin kepada dokter untuk mendeteksi dini penyakit asam urat ini. Sebagaimana pepatah mengatakan bahwa mencegah itu lebih baik dari pada mengobati

Itulah informasi mengenai asam urat normal, semoga bisa memberikan manfaat bagi kita semua, jika teman-teman menganggap artikel ini bermnfaat silahkan di share, dengan begitu kita semua telah memberikan manfaat bagi orang lain. Terima Kasih.

Batas Asam Urat Normal Bagi Tubuh Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ikbal H

0 komentar:

Post a Comment