Penjaskesrek

Blog ini Berisi Informasi Seputar Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan yang Cocok untuk Semua Kalangan.

Pengertian dan Fungsi Strategi Pembelajaran

Pengertian Strategi Pembelajaran

Strategi pembelajaran merupakan suatu serangkaian rencana kegiatan yang termasuk di dalamnya penggunaan metode dan pemanfaatan berbagai sumber daya atau kekuatan dalam suatu pembelajaran. strategi pembelajaran disusun untuk mencapai suatu tujuan tertentu. strategi pembelajaran di dalamnya mencakup pendekatan, model, metode dan teknik pembelajaran secara spesifik. 

Strategi Pembelajaran

Adapun beberapa pengertaian strategi pembelajaran menurut para ahli adalah:

Hamzah B. Uno (2008:45)

Strategi pembelajaran merupakan hal yang perlu diiperhatikan guru dalam proses pembelajaran.

Dick dan Carey (2005:7)

Strategi pembelajaran adalah komponen-komponen dari suatu set materi termasuk aktivitas sebelum pembelajaran, dan partisipasi peserta didik yang merupakan prosedur pembelajaran yang digunakan kegiatan selanjutnya.

Suparman (1997:157)

Strategi pembelajaran merupakan perpaduan dari urutan kegiatan, cara mengorganisasikan materi pelajaran peserta didik, peralatan dan bahan, dan waktu yang digunakan dalam proses pembelajaran untuk mencapai tujua pembelajaran yang telah ditentukan.

Gerlach dan Ety (1990)

Strategi pembelajaran merupakan cara-cara yang dipilih untuk menyampaikan metode pembelajaran dalam lingkungan pembelajaran tertentu.

Kemp (1995)

Strategi pembelajaran adalah suatu kegiatan pembelajaran yang harus dikerjakan guru dan siswa agar tujuan pembelajaran dapat dicapai secara efektif dan efisien.

Dilihat dari pengertian strategi pembelajaran menurut para ahli tersebut diatas, pengertian strategi pembelajaran pendidikan jasmani dapat diartikan sebagai serangkaian rencanan kegiatan yang termasuk di dalamnya penggunaan metode dan pemanfaatan berbagai sumber daya atau kekuatan dalam suatu pembelajaran pendidikan jasmani.

Tujuannya adalah untuk menciptakan kondisi dan kegiatan belajar yang memungkinkan siswa lancar belajar dan mencapai sasaran belajar, atau dengan istilah lain tujuannya adalah agar proses belajar mengajar pendidikan jasmani itu berhasil.

Dalam istilah menyiasati mengandung pengertian merencanakan, menetapkan dan menerapkan berbagai upaya yang berhubungan dengan kegiatan belajar mengajar pendidikan jasmani dalam usaha mencapai tujuan pembelajarannya. Strategi adalah gerakan sebelum kegiatan belajar mengajar itu dilaksanakan. Strategi pembelajaran merupakan hasil pilihan yang disesuaikan dengan situasi, kondisi, dan tujuan pembelajaran tertentu, karena situasi, kondisi dan tujuan pembelajaran itu dapat berbeda-beda.

Ruang Lingkup Strategi Pembelajaran Pendidikan Jasmani

Ruang lingkup strategi pembelajaran pendidikan jasmani adalah:
  • Pemilihan materi, maksudnya adalah: materi merupakan salah satu faktor yang terpenting untuk mencapai tujuan pembelajaran pendidikan jasmani yang telah ditentukan. Dalam pemilihan materi, ada tiga faktor yang harus diperhatikan, yaitu:
    • Urutan materi, yaitu adanya struktur yang sistematis
    • Keluasan materi disesuaikan dengan kesiapan siswa.
    • Penggabungan materi, yaitu adanya keterkaitan antara satu sub pokok bahasan yang satu dengan yang lain.
  • Komunikasi tugas, maksudnya adalah suatu proses dimana suatu jawaban atau respons dibangkitkan oleh suatu pesan yang diterima.
  • Kemajuan materi, maksudnya adalah: untuk memperoleh kemajuan materi maka perlu dicari hambatan-hambatannya.
  • Umpan balik dan evaluasi, maksudnya adalah: untuk mengetahui tujuan pembelajaran pendidikan jasmani tercapai atau tidak.

Fungsi Strategi Pembelajaran Pendidikan Jasmani

Fungsi-fungsi strategi pembelajaran pendidikan jasmani, yaitu sebagai berikut:
  • Strategi berfungsi sebagai faktor determinan keberhasilan, maksudnya strategi mempunyai kedudukan yang cukup menentukan terhadap keberhasilan proses belajar mengajar pendidikan jasmani.
  • Startegi berfungsi sebagai peletak dasar kegiatan suatu proses belajar mengajar, maksudnya bagaimana proses belajar mengajar pendidikan jasmani tersebut berlaku sangat tergantung pada dasar-dasar yang diletakkan pada awal kegiatannya.
  • Strategi berfungsi sebagai patokan atau ukuran keberhasilan, maksudknya strategi dapat berperan sebagai acuan pelaksanaan dan menjadi patokan untuk menjalankan proses pengendalian bila terjadi penyimpangan.
Sekian Informasi seputar Pengertian Strategi Pembelajaran Pendidikan Jasmani, semoga bisa memberikan manfaat bagi kita semua. Terima kasih.

Pengertian dan Fungsi Strategi Pembelajaran Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ikbal H

0 komentar:

Post a Comment