Penjaskesrek

Blog ini Berisi Informasi Seputar Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan yang Cocok untuk Semua Kalangan.

Pengertian dan Penyebab Penyakit kolesterol

Kolesterol merupakan salah satu penyakit yang banyak diderita oleh masyarakat kita, Indonesia. Utamanya orang tua kita yang sudah mulai udzur. Hal ini seringkali disebabkan oleh ketidaktahuan akan penyebab kolesterol sehingga cenderung mengabaikan gaya hidup sehat, karena bagaimanapun hampir semua penyakit diawali dari gaya hidup yang kurang baik.

Nah, untuk pembahasan kali ini kami akan membahas mengani penyebab penyakit kolesterol. Hal ini kami rasa penting agar supaya kita bisa mengetahui dan menghindari apa-apa saja kebiasaan-kebiasaan yang dapat mengundang penyakit tersebut. Silahkan disimak tulisan kami di bawah ini. Cekidot

Kolesterol

Pengertian kolesterol

Sebelum kita membahas lebih jauh mengenai penyebab penyakit kolesterol, ada baiknya kalau kita tahu terlebih dahulu mengenai pengertian kolesterol.

Baca Juga: 

Kolesterol  merupakan salah satu komponen lemak berlilin yang diproduksi organ hati dan juga banyak di temukan pada makanan tertentu. Dalam kadar tertentu (normal) kolesterol berperan penting untuk membantu mengganti/membangun sel-sel yang rusak dengan yang baru agar supaya fungsi-fungsi organ dalam tubuh dapat berjalan dengan baik.

Yang jadi masalah kemudian adalah apabila jumlah kolesterol di dalam tubuh melebihi batas normal. Hal ini menyebabkan seseorang mengalami penyakit kolesterol, yaitu saat kadar kolesterol di dalam tubuhnya tinggi sehingga menganggu kerja ataupun fungsi organ yang ada di dalam tubuh.

Kenapa kolesterol yang tinggi berbahaya ? karena kolesterol yang berlebihan bisa mengendap di dalam pembuluh darah kita dan mengganggu aliran darah, karena hal semacam itulah kadang kita mendengar penyakit seperti stroke ataupun serangan jantung, adalah saat dimana darah tidak bisa menjangkau organ-organ penting tersebut.

Sebuah laporan dari badan kesehatan dunia (WHO) menyebutkan bahwa hampir sepertiga dari penduduk Indonesia memiliki jumlah kadar kolesterol diatas rata-rata. Sebuah fakta yang mencengangkan kita, artinya 35% masyarakat Indonesia memiliki potensi untuk kemudian penyakit pembuluh darah, jantung, bahkan stroke.

Penyebab Kolesterol Tinggi

Ada banyak sekali faktor yang dapat menjadi penyebab kolesterol tinggi. Namun pada pembahasan kali ini kami akan membaginya dalam dua kategori, yaitu faktor internal dan juga faktor eksternal. Berikut ulasannya:

Faktor Internal

Faktor internal adalah sesuatu yang tidak bisa kita kendalikan, karena memang berasal dari bawaan sejak lahir. Seperti:

Genetik

Ada sebuah kolesterol bernama Familial hypercholesterolaemia, kolesterol ini diwariskan turun temurun dari orang tua ke anak, dan seterusnya. Untuk mengontrolnya dapat anda lakukan dengan rutin melakukan pemeriksaan kolesterol sejak dini.

Usia

Usia memang sesuatu yang tidak bisa kendalikan, orang-orang telah berusia lanjut memiliki potensi yang lebih besar untuk terkena penyakit kolesterol lantaran fungsi-fungsi organ di dalam tubuhnya sudah mulai menurun.

Selain itu, kebiasaan buruk seperti makan yang tidak teratur dan malas berolahraga menjadikan potensi serangan kolesterol lebih besar.

Jenis kelamin

Pada perempuan, saat berhentinya masa subur/haid (monopause), maka kemungkinan untuk terkena penyakit kolesterol lebih tinggi lantaran kadal LDL (kolesterol jahat) dalam tubuhnya meningkat.

Faktor eksternal (dari luar)

Berikut ini beberapa kebiasaan buruk yang dapat menjadi penyebab kolesterol tinggi:

Pola Makan yang Tidak Sehat

Makan merupakan kebutuhan primer manusia, tidak makan artinya tidak hidup. Makan ini memiliki fungsi yang baik bagi tubuh, yaitu sebagai sumber tenaga dan juga sebagai zat pembangun tubuh.
Masalahnya adalah, masyarakat Indonesia dan mungkin juga saya memiliki pola makan yang tidak sehat. Dimulai dari pilihan makanan yang serba instant, berlemak, dan ditambah dengan pola makan yang tidak teratur.

Makanan-makanan yang tidak sehat ini mengandung lemak yang tidak jenuh sehingga menjadikan kadar kolesterol dalam darah meninggi. Sebaiknya mulai sekarang, sejak teman-teman membaca tulisan ini, kurangilah mengonsumsi makanan seperti, jeroan, daging kambing, kulit ayam, otak, kulit ayam, udang dll.

Kalaupun masih tetap ngotot untuk mengonsumsi makanan tersebut, lakukanlah olahraga yang cukup untuk dan juga rutin memeriksa kadar kolesterol dalam darah secara rutin ke dokter.

Malas Berolahraga

Sebagaimana kita ketahui bersama, olahraga merupakan salah satu cara yang mudah untuk menjaga kesehatan. Hal karena olahraga dapat membakar lemak dan kolesterol dalam tubuh sehingga tidak terjadi penumpukan.

Olahraga yang cukup juga baik untuk kesehatan jantung dan sehingga bisa memaksimalkan kerja jantung untuk memompa darah ke seluruh tubuh karena tidak adanya penumpukan pada pembuluh darah.

Berikut ini olahraga yang dianjurkan untuk menurunkan dan menjaga kadar kolesterol di dalam tubuh:

Jogging dan Berenang

Jogging dan berenang merupakan olahraga salah satu olahraga yang murah meriah yang efektif untuk mencegah kolesterol tinggi.

Sebagaimana yang kita ketahui bersama bahwa penyebab kolesterol adalah tingginya kadar kolesterol dalam tubuh, nah dengan melakukan aktivitas fisik selama 30 menit saja maka dapat membantu untuk menurunkan kolesterol LDL dan meningkatkan koleterol HDL.

Dengan rajin melakukan olahraga tersebut diatas maka akan menjadikan tubuh terjaga berat badan idealnya sehingga bisa meminimalisir terjadinya penyumbatan pembuluh darah. Lakukanlah olahraga minimal 3 kali dalam seminggu.

Senam

Siapa tidak suka dengan senam? Ya, olahraga yang sangat digemari ini memang sangat baik juga utuk kesehatan, kenapa? Karena dengan melakukan senam maka jantung akan memompa darah lebih cepat  dan kuat sehngga dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Yoga

Yoga merupakan kombinasi antara yang melibatkan semua elemen tubuh, yaitu fikiran, pernafasan, dan juga gerakan. Dengan kombinasi dari ketiga hal tersebut maka tubuh akan terhindari dari stress dan menjadi rileks.

Manfaat yoga telah dibuktikan dalam penelitian, kombinasi antara gerakan dan ketenangan fikiran dapat menurunkan berat badan sehingga bisa mengurangi penumpukan zat-zat yang tidak dibutuhkan oleh tubuh.

Merokok

Secara umum, kita semua pasti tahu dampak buruk dari aktivitas merokok, baik bagi diri sendiri maupun orang-orang yang berada di sekitar kita. Namun, meskipun kita tahu semua bahaya itu, kita tidak berhenti karena sudah sampai pada tahap kecanduan.

Padahal merokok merupakan gudangnya penyakit, ada 1001 macam penyakit yang diakibatkan oleh rokok.

Salah satunya adalah, rokok merupakan penyebab kolesterol tinggi. Ya, dalam rokok terkandung zat kimia berbahaya bernama nikotin yang dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh.
Kalau kita baca literatur-literatur kesehatan, maka akan ditemukan fakta bahwa kadar lemak HDL pada perokok lebih rendah jika dibandingkan dengan yang bukan perokok. hal ini berarti kalau jumlah kolesterol yang baik kalah oleh jumlah kolsterol jahat maka akan membawa dampak yang buruk bagi tubuh.

Malas Makan Sayur dan Buah

Orang yang malas makan buah dan sayur cenderung mudah terserang penyakit karena tidak terpenuhinya gizi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Sayur dan buah sebagai makanan sehat dan alami memang memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh, salah satunya adalah mencegah kolesterol tinggi.

Kandungan-kandungan vitamin, antioksidan, dan lemak nabati sangat baik bagi tubuh. Salah satu penelitian yang dimuat dalam Journal of The American Heart Assosiation menunjukkan bahwa kandungan lemak nabati dalam alpukat dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh secara signifikan.

Buah lain yang baik bagi tubuh adalah jeruk bali, ya buah ini dapat memperbaiki metabolisme dalam tubuh.

Nah itulah informasi mengenai penyebab kolesterol tinggi. Semoga dengan adanya artikel ini kita semua bisa menjadi faham dan mengerti akan pentingnya menjaga kesehatan dengan menerapkan pola hidup yang sehat. Karena bagaimanapun, sehat tidaknya seseorang ditentukan oleh dirinya sendiri.

Silahkan di share artikel ini untuk berbagi manfaat untuk orang-orang di sekitar kita. Terima Kasih.

Pengertian dan Penyebab Penyakit kolesterol Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ikbal H

0 komentar:

Post a Comment