Penjaskesrek

Blog ini Berisi Informasi Seputar Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan yang Cocok untuk Semua Kalangan.

Sejarah Pendidikan Jasmani Lengkap

Sejarah Singkat Pendidikan Jasmani di Indonesia

Berbicara tentang sejarah pendidikan jasmani tentu saja memiliki keunikan tersendiri, hal ini karena istilah pendidikan jasmani telah dikenal pada tahun 1950-an di Indonesia, cukup lama menghilang dari wacana, dikarenakan istilah ini sempat digantikan dengan sebutan olahraga yaitu pada tahun 1960-an terutama sejak tahun 1960-an. Hasil dari perubahan ini mengakibatkan perubahan yang cukup signifikan, utamnya terhadap kurikulum dan juga hal lainnya di sekolah.

Pendidikan Jasmani

Makna dari kedua istilah yang digunakan tersebut juga melahirkan kesalahfahaman, hal ini dikarenakan karena istilah tersebut selalu dikaitkan dengan pembinaan fisik dalam rangka prestasi atau hanya sekadar untuk meningkatkan taraf kebugaran jasmani seseorang. Konsep dasar pendidikan jasmani dapat dipandang dari 3 (tiga) aspek yakni sejarah, pendangan filsafat, dan bukti-bukti ilmiah.

Baca Juga: Macam-macam Servis Dalam Bulutangkis

Upaya pembaharuan pendidikan jasmani, yang terpayung dalam kerangka sistem pendidikan nasional, berlangsung dalam sebuah betangan pergulatan antara dorongan untuk berubah dalam kesinambungan. Kebijakan publik dalam pembinaan olahraga, yang tercermin dalam kepentingan nasional, berupa prestise dan kebanggaan nasional untuk membangung percaya diri bangsa selama era pemerintahan Soeharto selama 32 tahun terakhir, sangat kuat mempengatruhi arah, isi dan pengelolaan olahraga pada umumnya dan pendidikan jasmani pada khususnya.

Kebijakan pemerintah dan juga faktor politik juga ikut mengambil peran dalam menentukan pasang surut keolahragaan nasional utamanya pada masa pra kemerdekaan Indonesia. Namun kelebihan dan kekurangan kebijakan pemerintah yang diluncurkan merupakan respons nyata yang diposisikan bapak bangsa dan pemerintah untuk menjawab tantangan berupa gerak perubahan dinamik yang dibangkitkan oleh globalisasi yang menempatkan pembangunan modalmanusia dan modal sosial dalam kedudukan strategis, maka arah pembaharuan pendidikan jasmani adalah untuk mendukung pembaharuan pendidikan pada umumnya.

Konsep pendidikan jasmani erat kaitannya dengan pendidikan rekreasi, dan pendidikan kesehatan, yang menghasikan bidang studi Penjas, perpaduan antara pendidikan jasmani dan pendidikan kesehatan dengan titik persamaan dalam tujuan terbentuknya gaya hidup aktif sepanjang hayat untuk mencapai kesehatan. Meskipun demikian pembejaran penjas menjadi tidak menentu dalam hal substansi dan tujuan, persaingan dalam alokasi bagi penyampaian substansi dan akhirnya menggiring guru-guru hanya sekedar menyampaikan informasi dan bahkan pengetahuan yang tidak fungsional atau teori sebagai ganti kegiatan praktik. Masalah lainnya terjadi pada evaluasi yang hanya sampai pada pengukuran kemampuan kognitif paling  rendah.pembelajaran terpadu tidak mampu diterapkan oleh guru-guru Penjas mengaktualisasi konsep penjas tersebut.

Baca Juga: Teknik Menyundul dalam Sepakbola yang Benar

Pendidikan jasmani pada hakikatnya merupakan proses pendidikan melalui aktivtas jasmani sebagai alat untuk mencapai tujuan pendidikan. perkembangan semua aspek, baik fisik, intelegensia, emosi, moral dan sosial adalah tujuan pendidikan yang diharapkan dapat tercapai secara menyeluruh. 

Berdasarkan sejarah tersebut diatas, aktivtas jasmani yang diterapkan di sekolah baik dalam bentuk permainan maupun aktivitas fisik lainnya merupakan alat pendidikan yang sangat efektif untuk mewujudkan tujuan pendidikan. Para pendidik dan filosof percaya bahwa kegiatan ini sangat efektif untuk menumbuh kembangkan keseluruhan potensi peserta didik. Ide ini sempat luntur dikarena perubahan kebijakan pemerintah yang tidak proporsional meskipun penerapannya telah dirintis melalui UU Pendidikan tahun 1950-an kala itu. Kini kita berusaha untuk kembali ke asal, memposisikan pendidikan jasmani sebagai alat pendidikan yang dapat diandalkan untuk mewujudkan tujuan pendidikan secara umum.

Baca Juga: Pengertian dan Teknik Dasar Permainan Bola Bakar

Nah, itulah sedikit informasi mengenai sejarah perkembangan pendidikan jasmani atau yang lebih akrab di telinga kita dengan sebutan penjas. Semoga bisa memberikan manfaat bagi kita semua. Terima kasih.

Sejarah Pendidikan Jasmani Lengkap Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ikbal H

0 komentar:

Post a Comment