Penjaskesrek

Blog ini Berisi Informasi Seputar Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan yang Cocok untuk Semua Kalangan.

Cara Menghitung Postur Tubuh yang Ideal

Setiap manusia pasti menginginkan tubuhnya selalu sehat. Tubuh yang sehat akan memudahkan dalam melakukan aktivitas. Seorang pelajar akan tetap dapat menuntut ilmu di sekola saat tubuhnya sehat. Karyawan kantor juga akan tetap dapat mengerjakan tugas-tugasnya dengan baik saat tubuh mereka sehat.

Postur Tubuh Ideal

Postur Tubuh Ideal

Tubuh yang sehat dapat dilihat dari penampilan luar. Penilaian tubuh yang sehat dan idela setiap orang tentunya berbeda. Namun, orang biasanya menilai tubuh yang sehat dan ideal dari postur tubuh, sikap dan tutur kata, serta interaksi orang dengan orang lain. Pengertian tubuh sehat dan ideal dari segi kesehatan mencakup hal yang luas. Penilaian tersebut tidak hanya secara lahiriah, tetapi memerlukan pemeriksaan medis meliputi pemeriksaan antropometri, fisiologi, biokimia, dan patologi anatomi.


World Health Organisation (WHO) menyatakan bahwa penilaian seseorang mempunyai tubuh sehat dan ideal dapat terlihat dari penilaian secara psikologi dan psikiatri. Penilaian tersebut mencakup ada tidaknya kelainan kepribadian dan penyimpangan perilaku yang dialaminya. Secara fisik, orang dapat terlihat sehat, namun jika ada kelainan jiwa yang dapat menganggu kehidupan orang di lingkungannya, orang tersebut dapat dikatakan tidak sehat.

Postur tubuh ideal dinilai dari pengkuran antropometri. Pengukuran antropometri. Pengukuran antropometri yang paling sering digunakan adalah indeks massa tubuh (TMT). Indeks massa tubuh berarti rasio antara berat badan (BB) dengan satuan kilogram dan tinggi badan (TB) dengan satuan meter. Rumus indeks massa tubuh (IMT) adalah membagi berat badan dengan kuadrat tinggi badan.

Indeks Massa Tubuh

Indeks massa tubuh dapat menentukan status gizi seserang. Status gizi pria dan wanita tentunya berbeda. Postur tubuh seseorang normal, kegemukan, ataupun obesitas dapat ditentukan melalui tabel berikut ini:
Indeks Massa Tubuh

Contoh menentukan status gizi adalah Indah memiliki tinggi badan 161 cm dan berat badan 58 kg. Apakah indah termasuk wanita dengan postur tubuh normal, kegemukan, ataukah obesitas? Jawabannya dapat diketahui dengan menghitung indeks massa tubuh Indah terlebih dahulu.

Perhitungan indeks massa tubuh Indah telah didapat. Selanjutnya dapat dengan mudah menentukan status gizi Indah melalui Tabel 1.1. hasilnya, Indah termasuk dalam status gizi normal.

Mengetahui status gizi dan postur tubuh penting bagi seseorang. Dengan perhitungan tersebut, orang dapat mengetahui apakah postur tubuhnya dalam keadaan normal, kegemukan, ataupun obesitas. Sedapat mungkin seseorang menjaga postur tubuhnya agar tidak melewati batas kegemukan karena hal tersebut sangat berpengaruh terhadap kesehatan.


Kegemukan merupakan salah satu resiko terjadinya beberapa penyakit. kegemukan dapat memicu terserangnya penyakit kardiovaskular, yaitu penyakit yang berhubungan dengan jantung dan pembuluh darah. Penyakit jantung dan pembuluh darah merupakan salah satu penyakit degeneratif. Penyakit degeneratif saat ini telah menduduki tempat nomor satu sebagai penyebab kematian di Indonesia.

Sama halnya dengan kegemukan, obesitas pun memiliki resiko terserang penyakit. biasanya, penderita obesitas juga menderita penyakit degeneratif, seperti diabetes melitus, hipertensi, hiperkolesterol, dan kelainan metabolisme lainnya. Penyakit-penyakit tersebut memerlukan pemeriksaan lanjut baik klinis atau laboratorium.

Beberapa macam penyakit dapat menyerang siapa saja. Oleh karena itu, tubuh harus dirawat agar tetap sehat. Setiap bagian tubuh, baik luar maupun dalam sebaiknya dirawat dengan baik. Jika anggota tubuh tersebut telah terawat, akan didapatkan tubuh yang sehat.

Syarat Tubuh Sehat

Banyak orang yang mengatakan bahwa sehat itu mahal. Ungkapan tersebut mungkin cocok untuk orang yang sedang sakit kerana mereka harus mengeluarkan biaya untuk berobat. Jika dianalisa, seseorang yang sehat badan dan fikirannya tidak akan mengeluarkan uang untuk mengobati penyakitnya.

Saat seseorang terserang batuk, bagaimanapun juga dia akan mengeluarkan uang untuk membeli obat batuk. Meskipun batuk termasuk penyakit ringan, tetapi penderitanya tetap berusaha untuk menyembuhkannya. Penyembuhan penyakit tentunya mengeluarkan uang.apalagi jika penyakit yang diderita termasuk penyakit berat dan harus mendapatkan penanganan lebih lanjut. Biaya yang akan dikeluarkan pastiakan lebih banyak. Jadi, jika dibandingkan dengan orang sehat maka orang yang sakit akan lebih banyak mengeluarkan uang. Namun, terkadang orang baru menyadari betapa mahalnya kesehatan saat dirinya sudah terserang penyakit.


Setiap orang tentu mendambakan selalu dalam keadaan sehat. Sehat memiliki arti yang sangat luas. Umumnya, sehat sama dengan tidak sakit dan terbebas dari kuman penyakit. sehat terdiri atas sehat jasmani dan sehat rohani. Jasmani yang sehat membuat seseorang dapat bergerak atau beraktivtias dengan leluasa. Sebagai contoh, orang dapat berjalan tanpa merasakan sakit di bagian tubuhnya. 

Adapun sehat rohani berarti keadaan jiwa dan fikiran yang sehat. Jiwa yang sehat akan membuat seseoang berfikir sebelum melakukan tindakan. Fikiran yang dimaksud adalah fikiran yang masuk di akal manusia. Sehat jasmani dan rohani inilah yang diinginkan setiap manusia.

Itulah informasi seputar cara menghitung postur tubuh yang ideal, semoga bisa memberikan tambahan pengetahuan bagi kita dalam menjalankan pola hidup sehat. Sekian dan terima kasih.

Cara Menghitung Postur Tubuh yang Ideal Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ikbal H

0 komentar:

Post a Comment