Penjaskesrek

Blog ini Berisi Informasi Seputar Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan yang Cocok untuk Semua Kalangan.

Squash: Pengertian, Sejarah dan Peraturan

Pernahkah anda mendengar olahraga squash? Mungkin sebagian sudah pernah mendengarnya, tpi belum tahu secara jelas apa sih olahraga squash itu? Apa pengertiannya? Bagaimana sejarahnya? Seperti apa aturannya?. Untuk menjawab semua pertanyaan tersebut, teman-teman bisa membaca sedikit informasi dibawa ini. Cekidot. 

Squash

Pengertian Squash

Squash adalah salah satu cabang olahraga yang mempergunakan raket, yang dimainkan dalam ruangan berdinding. Permainan ini dilakukan dengan memukul bola (service ke dinding), sampai salah satu pemain tidak bisa memukul bola ke dinding dengan baik (memukul bola yang melambung dari dinding, atau mengenai sasaran lain).

Organisasi Internasional Squash adalah: ISRF= Internasional Squash Raket Federation (Federasi Raket Squash Internasional).

Baca Juga: 7+ Sarana dan Prasarana Tenis Lapangan 

Sejarah Squash

Hampir semua olahraga raket (raqquet) berasal dari Prancis pada abad pertengahan. Permainan tersebut dinamakan Court Tennis atau Tenis Lapangan sebab pertama kali dimainkan oleh Biarawan (monk) di halaman Biara. Kemudian permainan tersebut diangkat oleh raja-raja dan bangsawan. Dari olahraga inilah muncul permainan lain seperti Squash raket, Paddle ball, Racket Ball dan Platform Tennis. Kini di seluruh dunia memainkan bermacam olahraga raket. Berbagai pertandingan mulai diatur, ada kompetisi untuj orang muda, orang yang berumur relatif tua dan juga kejuaraan wanita.

Squash Raket

Squash diciptakan di Inggris pada pertengahan abad ke 19, oleh mahasiswa exclusive school yang bernama Harrow di luar kota London. Mereka memberi nama squash, karena suara bola berbunyi squash saat mengenai dinding. Apabila kalau bola yang digunakan lebih lembut dari bola biasa. Permainan yang lebih keras lagi disebut Hard Racquets.

Baca Juga: Sejarah Kriket yang Wajib Anda Tahu

Di Amerika squash diperkenalkan tajub 1882 dan lapangan pertama dibangun di St. Paul School, Concord, New Hamspjire. Dari sana berkembang ke sekolah sekolah lain, perguruan tinggi, dan universitas-universitas serta mulai bermunculan klub-klub olahraga ini.

Peralatan Squash

Raket kayu seberat 227 gram sampai 284 gram, dengan daun (hitting surface) yang berdiameter 17 cm, yang diberi senar. Bola squash kosong bergaris tengah 4,4 cm, yang terbuat dari karet hitam keras. Namun pada tahun 1976 diperkenalkan lebih kecil lagi, lebih ringan dan lebih mental.

Lapangan

Lapangan resmi untuj permainan tunggal di Amerika adalah empat dinding dengan panjang 9,8 meter, lebar 5,6 meter, tinggi 4,9 meter pada dinding depan. Terdapat selembar logam dibawah dinding depan setinggi 43 cm yang dinamakan a Tell Tale yang bergemerincing ketika kena bola. Bola yang mengenai tell tale sama dengan mengenai net dalam permainan tenis, tidak mendapatkan angka.

Peraturan Permainan

Bermain squash adalah memukul bola ke dinding depan sampai bola berbalik ke daerah di mana lawan berdiri, kemudian lawan harus mengembalikan sebelum bola melambung dua kali di atas lantai. Ide dasarnya sama dengan raquet ball dan paddle ball. Bola dapat mengenai beberapa dinding dan permainan tennis berlanjut selama pemukulan bola ke dinding depan masih diperkenankan.

Baca Juga: Teknik Serangan Dalam Pencak Silat

Cara Melakukan Servis

  1. Satu kaki harus berada dalam "arena servis".
  2. Posisi bola berada di udara saat melakukan pukulan (servis).
  3. Bola harus jatuh diatas garis servis.
  4. Bola yang diservis kembalu mental dari dinding depan ke lantai di belakang garis pendek.
Itulah informasi seputar Squash, semoga bisa memberikan manfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. 

Squash: Pengertian, Sejarah dan Peraturan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ikbal H

0 komentar:

Post a Comment